Panduan Lengkap Bagi Yang mau Beli Mouse Baru

Salah satu komponen komputer yang paling banyak dipakai adalah mouse, tidak Cuma komputer PC yang butuh mouse, laptop juga butuh mouse.

Rata-rata pengguna laptop atau notebook lebih nyaman dengan mouse yang dipakai di PC dibandingkan mouse pad yang tersedia pada laptop itu sendiri.Panduan Lengkap Bagi Yang mau Beli Mouse Baru

Bagi anda yang ingin membeli dan mengganti mouse maka panduan dan tutorial berikut ini pasti sangat berguna karena ternyata banyak hal yang tidak kita ketahui tentang mouse.

  1. Jenis mouse komputer yang mesti anda ketahui

Bagi sebagian besar pengguna komputer, mouse itu hanya terdiri atas satu jenis saja yaitu yang memiliki 3 jenis tombol, klik kiri, tombol tengah dan dan tombol klik kanan. Namum sebenarnya mouse itu banyak sekali modelnya dan tergantung dari kebutuhan penggunanya, jika kita punya kebutuhan atau pemakain yang sifatnya khusus maka kita bisa mencari dan memakai mouse yang sesuai dengan keperluan kita.

Sebagai contoh mouse untuk pecinta game pastilah berbeda dari mouse standar yang biasa dipakai.

Ada tiga jenis mouse komputer yang mesti diketahui antara lain:

Mouse untuk bermain game

Untuk memainkan game anda perlu mouse dengan rancangan khusus yang membuat kita menjadi sangat nyaman selama bermain game.

Para penikmat game harus benar-benar mempertimbangkan seperti apa mouse yang harus mereka pakai untuk bermain game, mulai dari desain mouse yang mendukung dan membuat permainan menjadi lebih nikmat, sampai berapa harga mouse yang tentu tidak murah.

Desain mouse untuk game sangatlah penting terutama terkait aspek kenyamanan dan terhindar dari tegang otot pada tangan. Bagi pencinta game mouse harus benar-benar pas dipegang dan digerakan.

Mouse-mouse untuk kelas high end atau yang kelas atas yang biasanya dipakai para pecandu game, dilengkapi dengan system pengaturan berat mouse.

Berat mouse bisa diatur-atur sesuai dengan kenyamanan dari penggunanya agar tercipta keseimbangan antara kenyamanan dan kecepatan gerak mouse saat digunakan.

Selain itu bagi anda yang kidal juga mempertimbangkan untuk membeli mouse khusus untuk dipakai di tangan kiri.

Mouse untuk game juga dilengkapi dengan tombol-tombol khusus untuk menjalankan fungsi tertentu yang ada dalam game. Misalnya mengulang-ulang tugas atau fungsi yang sama, tombol khusus untuk menembak dengan senjata sniper.

Mouse untuk game juga dilengkapi dengan pengaturan resolusi Dpi dari layar agar pas dengan kecepatan gerak dan akurasi dari mouse tersebut.

Pilihan mouse untuk kenyamanan

Mouse yang ergonomic ( nyaman dan tidak buat cedera ) dibuat untuk membuat pemakainya nyaman ditangan secara alami dan mengurangi ketegangan pada jari-jari dan pergelangan tangan. Mouse yang nyaman juga dilengkapi dengan tombol-tombol tambahan yang mudah dijangkau seperti tombol angka-angka.

Mouse yang didisain untuk kenyamanan memberikan berbagai pilihan mulai dari pengangan yang pas sampai tatakan dan cengkraman yang nyaman bagi penggunanya.

Saran bagi yang ingin membeli mouse type ini sebaiknya tidak dilakukan secara online sebelum anda mencobanya terlebih dahulu. Ukuran tangan dan jari yang berbeda-beda membuat pilihan mouse yang nyaman atau ergonomic pun tidak sama atau relative.

Pilihan Mouse untuk yang sering bepergian

Bagi yang sering dan suka bepergian, tentunya ada pilihan mouse yang cocok dan tepat bagi anda.

Travel mouse adalah mouse yang desainnya simple. Rata-rata terdiri atas dua atau tiga tombol. Kabelnya bisa diatur panjang pendek secara otomatis, dan lebih praktis adalah yang tidak menggunakan kabel.

Selain disain yang simpel, traveling mouse disainnya tidak begitu ergonomis, yang penting adalah bagaimana mouse tersebut bisa masuk dan tersimpan dalam tas laptop tipis dan padat.

  1. Apa saja fitur atau hal-hal penting dari mouse yang wajid diketahui

Apa pun type mouse pilihan anda, yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

DPI (Dots Per Inch)

Dots Per Inch adalah salah satu spesifikasi utama dari mouse yang ada dijual, semakin besar nilai DPI-nya maka semakin bagus mouse tersebut.

DPI menunjukan tingkat sensitivitas dari mouse, maksudnya adalah nilai DPI yang tinggi membuat mouse tersebut dapat merespon secara akurat ketika bergerak dalam ukuran yang sangat kecil sekali dan juga menjadikan pointer mouse dapat bergerak pada layar dengan cepat.

DPI yang tinggi, sekitar 4000 DPI biasanya dipakai untuk gaming mouse dan untuk navigasi pada layar monitor yang memiliki resolusi yang tinggi.

Mouse Optic atau Mouse Laser

Kedua jenis mouse ini, mouse optik dan laser adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Sebenarnya kedua jenis mouse ini adalah variasi dari teknologi yang sama.

Perbedaan utama kedua mouse ini adalah bahwa mouse optik menggunakan cahaya dari LED yang dipantulkan ke permukaan sedangkan mouse laser menggunakan sinar laser untuk melacak atau mendeteksi gerakan mouse.

Efek dari pemakaian cahaya LED pada mouse optic adalah mouse jenis ini hanya bekerja dengan baik pada bidang yang datar dan buram.

Sedangkan pemakaian sinar laser pada mouse membuat mouse jenis ini dapat dipakai tidak hanya pada bisa yang datar dan dapat juga dipakai berbagai jenis permukaan termasuk pada kaca yang transparan.

Dari perbedaan prinsip cara kerja antara mouse optic dan mouse laser menyebabkan mouse laser lebih sensitive dengan DPI rate yang tinggi. Sehingga mouse laser adalah mouse yang cocok untuk digunakan pekerjaan pada komputer yang menuntut presisi dan akurasi yang tinggi.

Namun DPI yang tinggi dari mouse laser memiliki efek yaitu meluncur jauh jika terlalu cepat digerakkan. Hal ini membuat para gamers tidak nyaman dan lebih memilih mouse optic.

Mouse Kabel atau mouse Wireless

Mouse kabel masih tetap jadi pilihan para gamers karena konsistensinya dan kestabilannya. Sedangkan mouse wireless sangat cocok bagi yang mengutamaka kenyamanan dan praktis.

Kelemahan mouse kabel adalah pengaturan kabel yang rumit sedangkan mouse wireless anda harus siap-siap selalu untuk mengganti battery jika tidak ingin kenyamanan anda terganggu.

Mouse wireless membuat gerakan tangan tidak terganggu oleh kabel yang membelit, disamping itu jarak antara mouse dengan port dongle yang terpasang di komputer pun bisa jaraknya.

Mouse atau Trackpad

Trackpad adalah semacam tatakan pada laptop yang berfungsi layaknya mouse. Trackpad tidak dipakai untuk game atau edit gambar, namun trackpad cocok dipakai untuk aplikasi yang membutuhkan sentuhan seperti pada layar smartphone.

Trackpad berbeda dengan mouse sangat tidak cocok untuk sebagian besar aplikasi atau program komputer PC.

Secara disain trackpad sangat tidak ergonomis, meskipun ada produsen yang membuatnya dengan desain yang lebih ergonomis, saran saya sebaiknya anda pakai mouse saja.

Saran dan Tips bagi yang mau beli atau upgrade mouse

Ketika akan membeli mouse pikirkan dan pertimbangkan apa kebutuhan kita, mouse secara prinsip sama dengan mouse lain tapi ada tambahan fitur yang ditambahkan pada mouse tergantung pada kebutuhan calon pemakainya.

Seorang disainer mungkin lebih menyukai mouse laser yang presisi dan ergonomis, seorang gamers atau pencinta game lebih cocok dengan mouse optic yang stabil dan terkoneksi secara kabel.

Sedangankan pengguna mouse biasa lebih menyukai mouse yang jenis touchpad yang mudah digunakan. Anda juga mesti mempertimbangkan permukaan tatakan mouse yang nanti biasa dipakai.

Pemilihan mouse adalah sepenuhnya tergantung dari kebutuhan, seberapa sering dan lama waktu anda menggunakan atau bekerja dengan menggunakan mouse.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share