Sebenarnya Apa Yang Membuat Kita Harus Pakai Cooling Pad Laptop

Cooling Pad laptop adalah tatakan untuk meletakan laptop, ketika laptop dipakai maka akan timbul panas, semakin lama semakin panas, dengan meletakan di atas cooling pad maka suhu laptop dijaga agar tidak kepanasan.

Cara kerja dari cooling pad adalah dengan menempatkan fan atau kipas angin kecil di bagian dalam, tepat di bawah permukaan tatakan untuk menaruh laptop yang berlubang.sebenarnya-apa-yang-membuat-kita-harus-pakai-cooling-pad-laptop

Fan kemudian berputar dan meniupkan udara ke bagian bawah laptop atau menyedot udara panas dari bagian bawah laptop melalui lubang-lubang kecil pada tatakan.

Kembali ke persoalan perlu tidaknya sebuah cooling pad. Ada beberapa penyebab atau kondisi di mana mengharuskan kita untuk menggunakan cooling pad pada laptop:

1. Saat menggunakan laptop di tempat tidur

Menurut saya, saat di tempat tidur kita wajib meletakan laptop kita di atas cooling pad lalu meletakkannya di atas matras atau kasur atau bantal.

Kebiasaan kita yang langsung meletakan laptop di atas kasur atau bantal sambil digunakan akan membuat sirkulasi udara di bagian bawah laptop tidak jalan.

Kaki-kaki kecil laptop tidak bisa membuat bagian bawah laptop dengan kasur ranjang ada celah untuk sirkulasi udara, karena Kasur atau bantal yang empuk akan membuat bagian bawah laptop akan langsung menempel ketat ke Kasur atau bantal.

Kebiasaan ini akan membuat sirkulasi udara di bagian bawah laptop tidak jalan dan notebook menjadi cepat panas, mudah hang, dan kalau kebiasaan ini berlangsung lama maka akan merusak komponen laptop seperti RAM, hardisk dan juga chipset display Grafis dari laptop.

Solusi jika anda sering menggunakan laptop di atas tempat tidur atau di tempat lain yang permukaan untuk tatakan laptop empuk adalah dengan menggunakan Cooling pad.

Cooling pad laptop akan menjadikan bagian bawah laptop terdapat celah untuk sirkulasi udara yang dapat menjaga suhu processor dan komponen laptop lainnya tidak panas atau tinggi.

2. Saat berada diruangan yang panas

Kalau menggunakan laptop di ruangan yang panas sebaiknya gunakan cooling pad, jika tidak maka siap-siap saja untuk mengganti laptop anda dengan yang baru.

Udara panas disekitar laptop akan membuat laptop menjadi panas dan tidak ada sirkulasi udara untuk membuat laptop tetap dingin.

Fan bawaan laptop akan terus berputar untuk membuang atau menyedot udara panas keluar dari laptop, kondisi ini akan membuat daya listrik yang dibutuhkan menjadi besar sehingga battery akan cepat abis dan laptop akan butuh dicolokan ke sumber listrik.

3. Laptop dipakai untuk bermain game berat

Kerja prosesor yang tinggi membuat beberapa komponen seperti processor dan hardisk akan melepaskan panas yang membuat suhu laptop menjadi tinggi maka dari itu suhu panas harus diturunkan karena jika tidak akan membuat laptop mudah hang dan lama-lama bisa mati total.

Bermain game berat di laptop adalah salah satu aktivitas yang akan membuat kerja processor menjadi sangat tinggi dan itu berlangsung selama kita bermain, jadi sebaiknya sediakan cooling pad agar laptop tidak kepanasan.

Cooling pad banyak tersedia di pasaran, kita dapat membeli yang terdapat banyak fan atau kipas di dalamnya serta ukuran dimensinya tidak besar sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas bersama laptop agar mudah dibawa ke mana-mana.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share