Menaksir Kehebatan Generasi Terbaru Kecepatan Internet Mobile 5G

Para vendor pembuat dan penyedia akses internet tanpa kabel atau via mobile data sepertinya tidak tidak pernah puas dengan kecepatan yang  sudah ada saat ini. Generasi 4G LTE yang memiliki kecepatan 100 mbps sampai 150 mbps bakal tidak ada apa-apanya dibanding dengan generasi terbaru yang dikembangkan oleh raksasa telekomunikasi Jepang, NTT Docomo. Meski masih dalam tahap pengembangan namun teknologi ini merupakan perkembangan yang sangat luar biasa pesatnya di bidang mobile communication.

Berikut adalah hal-hal penting terkait dengan Mobile 5G yang masih diujicobakan oleh NTT Docomo;

1.    Mobile 5G memiliki kecepatan sampai 10 Gigabit per detik ( Gbps ) atau 1000 kali dari kecepatan 4G LTE.
10 Gbps berarti 1,25 GByte per detik atau GBps…. Download film atau file ukuran 1 GB tidak sampai satu detik .. Luar Biasa

2.    6 Vendor Telekomunikasi dilibatkan dalam pengujian ini antara lain  Alcatel-Lucent, Ericsson, Fujitsu, NEC, Nokia, dan Samsung. Cukup menjanjikan jika dilihat pengujinya adalah vendor-vendor kelas atas di bidang telekomunikasi.

3.    Frekuensi yang dipakai beragam mulai dari Frekuensi 800 MHz sampai di atas 30 GHz. Yang menarik adalah dalam pengujian 5G ini dilakukan pada frekuensi 800MHz- 2GHz, 3 GHz – 6GHz, 6GHz-30GHz dan juga frekuensi di atas 30GHz.

Jika benar-benar sukses pengembangannya maka mungkin saja secara infratruktur bisa memanfaatkan yang sudah ada tapi dengan teknologi yang baru….hmmm mudah-mudahan saja bisa terwujud.. dengan begitu teknologi ini tidaklah terlalu mahal jika sampai ke pelanggan

4.    Teknologi 5G diharapkan akan bisa dinikmati di tahun 2020 … ya 5 tahun lagi.Selain NTT Jepang SK Telecom Korea Selatan juga mengembangkan 5G …. Hmm dua negara ini rasanya dekat dan akrab dengan kita …. semoga kita bisa mendapatkan harga diskon yang banyak sehingga internet kita semakin murah dan kencang.

Tidak lama lagi, tanpa terasa internet pasti akan sangat murah dan cepat… Sudah siapkah anda menghadapi dan memanfaatkannya ??

Selamat menanti
Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/streetcarl/7336088398/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share