Alasan SSD Lebih Bagus Dari HDD

Secara harga, SSD bukanlah tandingan HDD, namun kinerja yang lebih baik membuat SSD layak dipertimbangkan untuk dipilih menjadi bagian dari komputer anda. Posting berikut akan membahas tentang segala kelebihan dan kehandalan dari SSD jika dibanding dengan HDD dan tentunya setelah membaca posting ini anda akan mendapatkan pencerahan tentang bagaimana dan seperti apa hardisk jenis SSD layak dihargai lebih mahal dari HDD biasa yang sudah cukup lama digunakan dalam dunia komputer.

Beberapa cara untuk membuktikan bahwa SSD lebih bagus dari HDD adalah dengan mengetes langsung dengan menggunakan aplikasi dan membandingkan hasilnya.

Berikut adalah hasil pengujian yang dilakukan untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa SSD lebih baik dari HDD. Hasil pengujian ini saya ambil dari website davebritzius.com, di mana dalam pengujian tersebut menggunakan sebuah komputer dengan menggunakan operating sistem windows 7.

Tahap awal yang dilakukan adalah menginstal pada sebuah komputer yang menggunakan HDD dengan Windows 7 berserta aplikasi yang biasa dipakai sehari-hari. Kemudian HDD yang berisi instalan windows 7 tersebut dikloning ke sebuah hardisk jenis SSD.

Hasil tes

1.    Menggunakan Windows Experience Index
Pertama-tama yang dites adalah HDD dan hasilnya terlihat seperti berikut:

Kedua, HDD diganti dengan SSD dan hasil windows experience indexnya adalah seperti berikut:

 Dari hasil tes di atas dengan HDD terlihat nilai pengujian dari Processor, RAM, Graphics dan Gaming Graphics sesuai dengan yang diharapkan atau tidak terlalu mencolok. Rating dari primary hard disk terlihat paling renda, Cuma 5.9 dari total 7.9.

Ketika hardisk diganti dengan SSD dan dilakukan re-rate maka hasilnya nilai rating dari primary hard disk ( disk data transfer rate ) menjadi 7.9 alias nilai tertinggi.
Kesimpulannya adalah SSD sangat bagus dalam urusan transfer-mentransfer data, dibanding HDD.

2.    Booting windows
a. Cold Boot
Cold boot adalah kondisi booting setelah komputer lama tidak dinyalakan.
Hasil : Untuk HDD  70 detik dan  41 detik untuk SSD
b.    Warm boot
Kondisi warn boot adalah kondisi boot seteleh komputer dinyalakan, beberapa aplikasi dinyalakan dan dilakukan restart.
Hasilnya, untuk HDD  77 detik dan  53 detik untuk SSD

3.    Software loading tes
a. Loading aplikasi AutoCAD Mechanical 2012 sampai Exchange window pops up.
Hasilnya, untuk HDD  49 detik dan  14 detik untuk SSD

b. Loading aplikasi 3D Studio Max 2012 samapi muncul pops up welcome window.
Hasilnya, untuk HDD  50 detik dan  15 detik untuk SSD

c. Loading aplikasi Photoshop CS5
Hasilnya, untuk HDD  11 detik dan 4 detik untuk SSD

Kesimpulan dari semua tes ini adalah meskipun SSD harganya mahal tapi kecepatan dalam memproses data sangatlah baik, lebih  baik dari HDD. Bagi anda yang mengangap harga sebagai pertimbangan nomor yang kesekian dan kecepatan performa adalah nomor satu maka SSD adalah pilihan mutlak yang tidak bisa ditunda-tunda lagi.

Semoga berguna

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share