Aplikasi Wajib Yang Harus di Instal Di Komputer PC

Setelah selesai instalasi sebuah sistem operasi di komputer, biasanya kita lalu menginstal aplikasi atau program yang dibutuhkan dan nantinya akan kita gunakan sehari-hari. Menentukan aplikasi mana yang benar-benar diperlukan memang sedikit relatif sifatnya, tergantung dari profesi, usia, pendidikan, gaya hidup dan sebagainya.

Namun di luar faktor si pengguna komputer tersebut ada beberapa aplikasi atau program yang mesti tersedia atau terinstall di komputer kita, aplikasi-aplikasi ini biasanya berupa bawaan dari sistem operasi atau juga diinstal secara manual oleh pemiliknya.

Berikut adalah  aplikasi yang wajib dipasang di komputer dan pejelasannya terkait dengan hal tersebut.

1.    Aplikasi kantoran atau Office Application
Berberapa aplikasi yang tergolong dalam jenis aplikasi ini adalah :
a.    Word Processing seperti Microsoft Word dan aplikasi sejenisnya.
b.    Microsoft excel dan aplikasi sejenisnya.
c.    Aplikasi email
Dua aplikasi ini cukuplah untuk membantu kita membuat dokumen mulai dari laporan kerja sampai tugas sekolah. Aplikasi email bisa digantikan oleh web browser namun jika anda termasuk orang yang intensitas pemakaian emailnya sangat tinggi maka sebaiknya beralih ke aplikasi khusus untuk mengatur email anda.
Aplikasi bawaan OS seperti notepad juga cukup berguna, namun fiturnya sangat sederhana dibanding dengan aplikasi word, tapi jika dilihat dari pemakain sumber daya CPU, notepad jauh lebih kecil dari word maka aplikasi ini sangat baik untuk membuat catatan sederhana dan hemat sumber daya processor.

2.    Aplikasi untuk membaca dokumen PDF
Untuk membaca dokumen berformat PDF tidak perlu harus menggunakan Adobe Acrobat reader, banyak aplikasi yang lebih ringan atau mungkin gratis bisa dipakai untuk keperluan tersebut.

3.    Aplikasi untuk menampilkan dan mengedit gambar atau image.
Aplikasi jenis ini biasanya sudah terinstal bersama dengan sistem operasi. Image viewer atau aplikasi paint seperti di OS windows merupakan aplikasi yang cukup penting peran dalam menunjang aktivitas pengguna komputer saat menggunakannya.

4.    Web Browser
Hampir semua sistem operasi memiliki aplikasi browser yang terintegrasi dengan OS tersebut. Artinya, saat OS tersebut terinstal maka aplikasi tersebut secara otomatis ikut terinstall juga. Namun ada beberapa vendor aplikasi yang membuatkan secara khusus sebuah aplikasi browser yang dapat dijalankan pada sebuah sistem operasi.
Aplikasi browser wajib untuk dipakai terutama jika anda sudah terkoneksi ke internet. Selain itu alasan pentingnya aplikasi browser adalah saat ini, banyak juga aplikasi yang menjalankan programnya dengan berbasiskan web sehingga mau tidak mau harus ada aplikasi web browser sebagai interface-nya.  

5.    Command Prompt
Bagi sebagian besar pengguna komputer, aplikasi command prompt atau console tidak terlalu penting tapi aplikasi ini sebenarnya sangat membantu terutama untuk mengetahui masalah yang ada pada komputer kita. Contohnya masalah koneksi jaringan. Command prompt juga bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi yang tidak bisa dijalankan melalui tampilan grafis.

6.    Anti Virus
Dengan anti virus pun komputer anda masih bisa terkena serangan atau terjangkit virus komputer apalagi jika tidak menggunakan anti virus. Aplikasi Anti virus banyak tersedia di internet, dari yang gratis sampai yang berharga mahal.

Meski terdengar sederhana namun jika anda ingin meningkatkan kinerja dari sistem komputer anda adalah dengan menghemat sumber daya processor dan RA, oleh karena itu pastikan aplikasi yang penting-penting dan yang sering dipakai saja yang terinstal.
Semakin banyak aplikasi yang terinstal akan membuat sumber daya baik itu processor dan RAM semakin banyak terpakai, pemakaian yang tidak perlu hanya akan membuat pemborosan terhadap sumber daya komputer. 

Semoga berguna.
Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/theeerin/5671275092/

Share
Latest Comments
  1. drim tekno February 15, 2015
  2. Yosef Arianto February 16, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share