Tips Belanja Komponen Komputer Rakitan

Berbelanja komponen-komponen atau bagian dari komputer secara terpisah-pisah untuk kemudian dirakit menjadi satu unit komputer tidak segampang yang dibanyangkan. Banyak kendala atau hal-hal di luar dari dugaan kita yang kemudian membuat kita menunda atau membatalkan untuk merakit komputer dan kemudian akhirnya membeli sebuah unit secara utuh dengan harga dan kualitas yang tidak begitu berimbang.

Alasan utama orang merakit komputer adalah agar dapat menentukan kualitas komponen yang cocok atau sesuai dengan kebutuhan dan keuangan.

Jika membeli sebuah komputer rakitan yang sudah jadi, biasanya ada satu atau dua komponen dari komputer yang spesifikasinya tidak sesuai dengan keinginan kita karena kualitas yang kurang bagus atau standar namun oleh penjualnya ditutupi dengan kualitas komponen lainnya yang lebih berkualitas.

Dengan merakit komputer sendiri kita bisa menentukan spek komputer seperti apa yang benar-benar sesuai dengan pemakaian dan berapa besar dana yang kita miliki. Merakit sendiri komputer juga memungkinkan kita untuk menentukan bagian mana dari komponen yang perlu dikurangi dan dilebihkan kualitasnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda pakai saat membelanjakan uang anda untuk merakit komputer.

1.    Sebelum berbelanja ke toko, pastikan ketersedian barang. 

Biasanya kita melakukan pencarian melalui internet terhadap toko dan harga barang yang akan dibeli, setelah mendapatkan kepastian soal harga dan lokasi toko maka pastikan dengan menghubungi toko tersebut apakah barangnya tersedia atau tidak.

Ini penting mengingat tidak semua barang yang kita mau tersedia di toko tersebut atau mungkin website dari toko tersebut sudah atau sedang tidak update. Ketika tiba di lokasi toko dan ternyata tidak ada barang yang tersedia maka terpaksa harus ditunda atau berkeling mencari-cari, inilah paling dihindari. 

2.    Siapkan cadangan atau alternative barang yang akan kita beli. 

Siapkan alternative untuk pilihan kedua dan ketiga jika seandainya pilihan pertama tidak tersedia. Misalnya untuk motherboard, jika pilihan pertama motherboard type dan merk yang kita inginkan tidak tersedia maka siapkan alternative pilihan kedua dan ketiga.

Biasanya jika di kawasan perbelanjaan seperti di Mangga Dua, jika satu barang toko tidak tersedia maka hampir sebagian besar toko yang ada di sana pun tidak tersedia barang tersebut. Sangat penting untuk menyiapkan alternative komponen komputer tersebut jauh-jauh waktu sebelumnya karena dengan begitu akan memberikan kita waktu yang cukup untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari spek barang tersebut.

Banyangkan jika waktu keputusan membeli alternative pilihan kedua dilakukan secara mendadak saat tiba di lokasi pertokoan, pastinya keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan yang sangat terburu-buru sehingga besar kemungkinannya kita salah membeli atau yang kita beli kurang begitu bagus.

3.    Prioritaskan pada komponen-komponen utama terlebih dahulu.
Meski komponen lainya juga penting tapi sebaiknya prioritaskan pada komponen utama dari sebuah komputer terlebih dahulu.
a.    Komponen utama komputer prioritas 1 adalah Processor, Motherboard, Hardisk dan memory. 
b.    Komponen komputer prioritas 2 adalah Power supply, monitor, keyboard, LAN Card, mouse dan casing
c.    Komponen komputer prioritas 3 adalah cooling system, VGA card, sound system dan modem.

4.    Buatlah ceklist barang dan daftar harga

Pastikan anda punya gambaran tentang harga pasti dan kisaran budjet sehingga anda tidak tergoda untuk membeli barang-barang diluar dari ceklist yang sudah anda susun.

Ini penting agar perencanaan dan pengeluaran keungan kita tidak terlalu jauh defisitnya karena kadang-kadang kita tergoda untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan urutan prioritas.

5.    Belilah pada satu toko?

Keharusan membeli pada satu toko saja sepertinya sudah tidak begitu penting, biasanya setiap toko sudah memberikan harga mati yang tidak bisa ditawar jadi kemungkinan untuk mendapatkan diskon karena membeli banyak barang pada satu toko sudah jarang terjadi.

Beberapa toko yang menawarkan barang secara online biasanya harganya sudah pas dan sudah ditekan serendah mungkin. Mungkin alasan agar kita membeli pada satu toko saja agar tidak repot untuk bolak-balik dari satu toko ke toko lain. Tapi jika anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah maka anda harus bersedia untuk berputar keliling mencari perbandingan yang lebih murah, karena beberapa item barang bisa berbeda atau silisih antara satu toko dengan toko lainnya.

6.    Re-kalkulasi setelah membeli

Setelah membeli barang prioritas1 segera cek lagi dana anda dan lakukan pembelian atau pemesanan untuk barang prioritas kedua. Lakukan juga untuk prioritas berikutnya.

7.    Jangan mudah terpancing

Biasanya kita mudah terpancing dengan silisih harga yang tidak terlalu besar antara satu barang dengan barang yang kualitas spek di atasnya tapi dengan fungsi yang sama. Jika akhirnya kita membeli barang yang sebenarnya tidak masuk dalam daftar pembelian kita maka dampaknya adalah  biaya yang kita keluarkan menjadi lebih besar.

Setelah itu, pasti akan ada penyesalan bahwa sebenarnya dengan kondisi jika menggunakan barang yang sudah kita anggarkan sebelumnya tersebut komputer yang akan kita rakit sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kita, mengapa kita harus membeli yang lebih mahal.

Kondisi ini kalau kita berlakukan pada semua list barang yang akan kita beli maka tentunya biayanya akan semakin besar.Jika dihadapkan pada dilema akan barang atau spek mana yang harus dibeli, kembalikan lagi kepada tujuan anda menggunakan komputer tersebut.

Apakah untuk kebutuhan atau aktivitas office, design grafis, video editing, belajar anak-anak, programming, Gaming PC, PC server dan sebagainya.

Tentunya kebutuhan dari tiap-tiap aktivitas pengguna komputer mutlak menentukan spesifikasi dari sebuah komputer, meskipun kita bisa saja menggunakan PC gaming untuk kegiatan office atau memutuskan untuk merakit sebuah komputer untuk semua aktivitas maka tentulah kita harus menyiapkan sebuah komputer dengan spek yang tertinggi sekaligus agar mendukung segala aktifitas kita tapi dengan konsekuensi pemakaian yang tidak selalu maksimal dan berakibat pada pemborosan. 

Semoga berguna
Sumber gambar:photopin 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share