Apa yang mesti dilakukan ketika Hape Tidak Mau Dicas

Jika hape kita sudah dicolok untuk dicas dan tidak ada tanda-tanda kalau hape tersebut sedang mengisi tenaga listrik pada battery-nya maka sebaiknya hal tesebut tidak langsung membuat kita marah dan kesal.

Biasanya pada kondisi seperti ini yang ada dipikiran kita adalah kita bakal keluar uang untuk service atau terpaksa beli hape baru… Saran saya anda tidak perlu panik dan buang jauh-jauh pikiran tesebut.

Menurut saya, biasanya jika hape tidak mau dicas itu ada beberapa kondisi, misalnya sat kita mencolokkan hape kita  mungkin ada peringatan tertulis “Tidak Mengisi” di sudut.

Mungkin terlihat seperti sedang men-cas, tetapi indikator baterainya tidak ada perubahan sama sekali. Atau mungkin hape kita sama sekali tidak ada respon ketika dicolok untuk mencas.

Apa pun masalahnya, berikut adalah beberapa langkah atau tindakan yang mesti kita lakukan untuk mengatasi masalah Hape tidak cas, sebelum benar-benar yakin bahwa hape kita itu rusak dan butuh diganti baterynya atau mungkin harus ganti hape baru.

  1. Coba ganti Kabel atau adaptor

Kita mulai mencoba melakukan troubleshooting dengan kondisi yang paling bisa kita kerjakan terlebih dahulu: Cobalah untuk mengganti  kabel data atau adaptor untuk mencas hape.

Karena kemungkinan yang paling besar jika daya listrik tidak sampai ke hape kita adalah karena tidak adanya aliran listrik yang tersedia pada sumbernya.

Sumber listrik tersebut tentunya berasal dari stop kontak yang kemudian oleh adaptor diubah tegangannya menjadi sesuai dengan kebutuhan proses charging, di mana arus listrik yang dihasil kemudian dilewatkan melalui kabel data ke hape kita.

Jika ada cas-an hape yang lain, coba pakai  kabelnya, bila perlu ganti semua unitnya, adaptor dan kabelnya sekalian, dan bahkan coba stopkontak lainnya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tersedia tidaknya sumber listrik bagi hape kita.

     2   Pastikan anda mencoloknya ke Stop kontak listrik terlebih dahulu, jangan ke laptop atau ke power bank

Hal ini untuk menghindari kurangnya daya listrik yang tersedia jika men-cas hape dengan menggunakan sumber listrik dari komputer atau dari power bank.

Jadi untuk benar-benar memastikan tersedianya aliran listrik maka sebaiknya tidak mencolokkan hape ke komputer atau sumber listrik lainnya.

Selain itu sumber daya dari komputer cukup terbatas dayanya sehingga proses charging berjalan sangat lambat, seolah-olah tidak terlihat sedang dilakukan charging.

    3. Cek lubang colokan pada hape

Pastikan pada lubang untuk mencolok kabel data tidak terhalang oleh benda apapun. Biasanya kita menyimpan hape kita di dalam tas, pada dasar terdapat serpihan kertas, kain atau sampah-sampah halus, nah, biasanya benda-benda itu menempel atau tersangkut pada bagian dalam colokan.

Saat kita menyambungkan kabel data dengan hape kita maka konektor pada kabel data tidak benar-benar tersambung oleh karena adanya kotoran atau serpihan kertas atau kain-kain halus tersebut.

    4.  Berhenti Menggunakan hape saat mencas

Jika hape sedang dicas maka daya listrik akan terisi, namun karena saat yang bersamaan hape juga digunakan maka proses pengisian akan berjalan lambat, karena daya yang masuk akan langsung terpakai pada saat yang bersamaan.

Untuk memastikan bahwa hape kita tidak bermasalah dengan proses charging maka sebaiknya tidak digunakan sama sekali saat dilakukan pen-cas-an.

Semoga berguna

Share
Latest Comments
  1. Anto October 3, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share