Aplikasi Android Ini Ternyata Bisa Untuk Alat Terapi Penghilang Rasa Cemas

Bagi sebagian besar orang rasa cemas adalah hal yang biasa yang selalu kita alami, dan biasanya tidak menimbulkan masalah yang sifatnya mengganggu.

Hal yang sama tentu tidak berlaku bagi orang yang punya kelainan atau gangguan di mana pikiran cemas karena hal-hal kecil dan sederha, bisa menjadi sesuatu yang begitu mengganggu dan menyebabkan depresi dan stress yang berlebih. Aplikasi Android Ini Ternyata Bisa Untuk Alat Terapi Penghilang Rasa Cemas

Kita semua pastinya pernah mengalami kecemasan yang sangat berlebihan, jika anda saat ini sedang mangalami kecemasan atau obsesi yang kelewatan maka anda bisa coba menghilangkannya dengan dengan bantuan smartphone Android anda.

Yang perlu anda lakukan adalah download aplikasi yang bernama Songify. Songify adalah aplikasi smartphone yang merekam kata-kata kita lalu mengubahnya menjadi sebuah alunan nada lagu yang lengkap dengan musiknya.

Tidak ada yang istimewa dari App Songify, selain merekam kata-kata yang diucapkan oleh penggunanya lalu kemudian mengubahnya menjadi alunan lagu dengan nada sederhana, lengkap dengan iringan music.

Metode atau cara yang dipakai oleh para spesialis kesehatan mental untuk menghilangkan rasa cemas salah satunya adalah dengan menyuruh pasiennya untuk menyanyikan hal-hal apa saja yang membuat mereka cemas dan takut tanpa alasan.

Dan saat ini, beberapa ahli kesehatan mental menggunakan Songify untuk membantu orang mengatasi obsesif dan pikiran cemas berlebihan yang melanda pasiennya.

“Tidak ada tombol delete pada sistem saraf,” kata Steven Hayes, seorang profesor psikologi di University of Nevada yang telah menggunakan Songify dan teknik lainnya dalam praktek.

Menurut prof Hayes jika kita mengatakan kepada diri kita untuk tidak memikirkan sesuatu hal maka akan akan semakin kita diingatkan untuk akan tersebut dan membuat kita sulit untuk lupa.

Sebaliknya, lebih baik  jika kita memperlakukan hal-hal mencemaskan itu seperti sesuatu yang konyol, seperti sebuah lagu yang tidak punya arti. Kecemasan lambat laun akan hilang dan hanya sedikit yang tersisa dalam hidup kita.

Songify baru 4 tahun lalu muncul namun teknik seperti yang dilakukan dengan aplikasi ini sudah dipraktekkan sejak puluhan tahun yang lalu dan dikenal dengan nama cognitive defusion.

Seorang terapis mental seperti Sally Winston, co-director of the Anxiety and Stress Disorders Institute of Maryland, mengatakan bahwa ia biasanya menyuruh pasiennya untuk menyanyikan kecemasan mereka dengan nada yang sederhana, seperti nada lagu anak-anak “Twinkle, Twinkle, Little Star.”

Metode yang sama juga bisa dilakukan dengan mengulang-ulang menyebutkan kecemasan kita sampai kata-kata kita tidak lagi bermakna.

Songify saat ini lebih banyak dipakai untuk hiburan saja daripada penggunaan medis atau psikologi.

Seorang juru bicara Songify mengatakan bahwa pihaknya tahu bahwa aplikasi tersebut telah digunakan untuk mengobati gangguan bicara pada anak-anak autis, tapi tidak begitu yakin kalau Songify dipakai juga untuk orang yang menderita gangguan kecemasan.

Winston mengatakan bahwa teknik dengan lagu seperti ini bekerja lebih baik daripada stres manajemen, pengalihan atau latihan pernapasan.

Mark Sisti, direktur Suffolk Cognitive-Behavioral, yang  telah menggunakan Songify selama sekitar tiga tahun, mengatakan bahwa songify bekerja sangat baik pada orang yang menyadari bahwa ketakutan mereka adalah sesuatu yang tidak rasional.

Misalnya orang yang baru saja kehilangan pekerjaan dan mulai cemas akan masa depannya dan ketakutan-ketakutan lain yang sifatnya berlebihan.

Bagi yang penasaran silahkan coba sendiri,download dan install Songify di smartphone dan tablet anda, buktikan khasiatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *