Modem 3G atau Modem 4G, Mana yang Paling Bagus

Modem 3G atau Modem 4G Mana yang Paling BagusKecepatan atau speed internet yang mampu diberikan oleh sebuah modem merupakan spesifikasi utama yang selalu pertama-tama ditanyakan dan dicek oleh para calon pembeli dan pengguna sebuah modem. Semakin tinggi kecepatannya semakin menarik minat pembeli.

Saya punya tips bagi anda yang lagi galau dalam mencari-cari modem apa yang cocok untuk digunakan, tips itu adalah:

Yang mesti anda seleksi pertama kali adalah modem itu harus jenis modem 4G, jadi anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan soal modem 3G, fokuskan pada modem 4G sehingga jika ada teman yang menawarkan modem 3G langsung saja ditolak.

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa di wilayah tempat tinggal anda sudah tercakup layanan jaringan 4G. Jika belum maka sebaiknya bersabar saja dahulu karena mungkin sebentar lagi daerah kita akan segera mendapatkan layanan jaringan mobile 4G.

Kalau tidak mendesak sebaiknya tidak perlu membeli modem 3G karena anda bakal menyesal. Tetapi jika hati kecil kita mengatakan bahwa wilayah tempat tinggal kita bakalan lama baru dilewatin jaringan 4G maka mau apa lagi, silahkan beli modem 3G saja.

Mengapa saya menyarankan untuk membeli modem 4G dibanding modem 3G, karena :

  1. Modem 4G speednya lebih tinggi dibanding modem 3G.

Kecepatan maksimum Modem 4G berkisar antara 72 Mbps sampai 100 Mbps. Sedangkan modem 3G kecepatan maksimumnya adalah 21 Mbps. Cukup jelas yang mana yang lebih cepat.

  1. Jaringan 4G disiapkan untuk mendukung aktivitas penggunanya yang mobile

Sambil bergerak dengan kecepatan tinggi sekalipun, para pengguna modem 4G masih bisa mendapatkan kualitas kecepatan akses yang cukup baik. Jaringan 4G merupakan teknologi baru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang bergerak cepat.

  1. Persaingan di 3G sudah sangat padat.

Saya pernah menulis soal Internet 3. Saat tulisan itu saya buat, performa jaringan 3G operator ISP 3 sangat bagus performanya, super kencang.

Namun kurang lebih sekitar 10 sampai 12 bulan berselang, kualitas layanan menurun drastis, akses internetnya bagus hanya pada jam-jam tertentu saja, selebihnya cukup lambat.

Sepertinya jika anda beralih ke jaringan 4G maka persaingan mungkin tidak terlalu banyak sehingga kualitas layanan masih bagus. Semoga tetap terus seperti itu.

  1. Paket langganan masih murah

Selain kualitas koneksi yang bagus, paket langganannya juga murah tanpa ada kuota yang diatur secara berbeda berdasarkan waktu siang atau waktu malam.

  1. Perbandingan Harga modem 3G dan 4G

Harga modem 3G dan modem 4G tidak terlalu jauh berbeda, memang modem 4G lebih mahal tapi dengan selisih yang tidak besar. Modem bolt dengan speed 72 Mbps dan daya tahan battery yang lama harganya 500 ribu sedangkan modem 3G dengan speed 21 Mbps harganya sekitar 200 sampai 300 ribu.

Itupun dengan spek yang berbeda, modem bolt bisa berfungsi sebagai wifi access point, bisa dijadikan wifi hostspot tanpa butuh Access point dan bisa berkerja tanpa harus tercolok ke komputer. Sedangkan modem 3G hanyalah modem USB biasa yang bisa bekerja hanya dengan kondisi harus tercolok ke komputer atau ke wifi router.

Sebagai kesimpulan bahwa sekarang adalah saatnya untuk beralih ke jaringan atau teknologi yang lebih maju, canggih dan lebih murah, ya jaringan 4G.

Sumber gambar: pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *