Software Bagus Menentukan Network ID, Broadcast ID dan Total Jumlah IP Address

IP Network Calculator for Android adalah software yang berjalan di Android OS. Software ini bisa diinstal di HP smartphone kita tanpa harus memakan space yang besar dan juga gratis.

Kemampuan dan kelebihan dari  IP Network Calculator for Android sebagai berikut;

1.    Gratis

Yang pasti anda tidak perlu report-report mencari apk versi pro-nya, karena aplikasi  ini sudah digratiskan oleh pembuatnya.

2.    Untuk siapakah aplikasi  IP Network Calculator for Android cocok digunakan.

a.    Aplikasi IP address IP Network Calculator cocok untuk yang ingin menghitung dan mengetahui secara cepat komponen pada IP address seperti network ID, broadcast ID, binary dan heksa number dari ip address.
b.     Aplikasi ini cocok untuk network design yang ingin menentukan secara cepat range IP address dari sebuah blok IP address.
c.    Menurut saya, aplikasi IP Network Calculator for Android tidak cocok untuk para pemula yang belum begitu paham tentang konsep dasar dari IP address.

3.    Cara kerja dari IP Network Calculator for Android

a.    Pertama-tama anda harus memasukkan sebuah ip address, netmask atau subnetmask dan juga CIDR atau notasi garis miring yang disertai dengan angka.
b.    Kita diberikan pilihan untuk mengetahui berapa CIDR berdasarkan subnetmask dari sebuah IP address atau untuk mengetahui subnetmask dari sebuah ip address berdasarkan CIDR.
Jika kita masukkan ip address beserta CIDR maka aplikasi akan menentukan berapa subnetmask-nya dan sebaliknya jika kita memasukan ip address dan subnetmask maka aplikasi IP Network Calculator for Android langsung menentukan berapa CIDRnya.
c.    Tampilan berikutnya terlihat terlihat Network ID, Broadcast address, IP address pertama yang bisa digunakan, IP address terakhir yang bisa dipakai dan jumlah ip address yang bisa digunakan oleh host pada network.
d.    Pada tampilan di bagian bawahnya terlihat juga konversi atau  hubungan antara bilangan decimal dari IP address dengan beberapa jenis bilangan, seperti binary, octal, hexadecimal dan decimal.

4.    Kekurangan dari aplikasi IP Network Calculator for Android adalah:
a.    Hanya tersedia untuk IP ADDRESS v4 dan belum tersedia untuk IP ADDRESS v6
b.    Untuk para pemula yang baru belajar, sebaiknya tidak menggunakan aplikasi ini sebagai pegangan, karena aplikasi ini diperuntukan bagi yang sudah paham dengan dasar-dasar perhitungan dari IP Address.

Aplikasi IP Network Calculator hanya membantu kita untuk menghitung dan mengetahui secara cepat parameter-parameter dari IP address seperti Network ID, broadcast ID dan total jumlah ip address yang bisa dipakai. Berikut link untuk melihat spek dan download aplikasi tersebut: Berhitung bersama Google  

Semoga berguna

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share