Alasan Mengapa Harus Pakai Jaringan Komputer Di Rumah

Membangun sebuah jaringan komputer tidak hanya sekedar gaya-gayaan atau sekedar menuruti omongan orang-orang yang sebenarnya tidak begitu paham jaringan komputer.

Tujuan utama dari model jaringan dalam dunia komputer adalah menciptakan hubungan atau koneksi antara dua unit  komputer atau lebih.

Pertanyaannya, setelah dua komputer terhubung maka apa manfaatnya yang bisa diperoleh dari koneksi tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini merupakan jawaban atas pertanyaan dasar terkait manfaat dan kegunaan dari internet.

Jaringan komputer sederhana yang hanya terdiri atas 2 atau 3 komputer merupakan miniatur dari jaringan super luas, jaringan global yang menghubungkan miliaran komputer yang tersebar di seluruh dunia yang kita kenal sebagai Internet.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah tanpa koneksi minimal 2 komputer maka tidak akan ada yang namanya internet. Jadi sebelum memahami yang namanya internet maka direkomendasikan untuk memahami lebih jauh terutama tentang manfaat  dari koneksi dua komputer via jaringan.

Pada intinya manfaat jaringan komputer adalah saling berbagi, apa saja yang dibagikan melalui jaringan? 
1. Informasi data.
2. Media penyimpanan, space hardisk, flasdisk.
3. Berbagi printer dan scanner. Jika dalam rumah terdiri atas 5 pengguna komputer dengan masing-masing memiliki satu komputer maka tidak perlu menyiapkan 5 perangkat printer, cukup satu saja karena bisa dipakai secara bersama-sama.
4. Berbagi internet. Satu koneksi internet rasanya cukup bagi semua komputer yang terhubung dalam jaringan.
5. Berbagi aplikasi. Bermain game secara bersama-sama alias berbagi kegembiraan.

Apakah tanpa jaringan komputer kita tidak bisa saling berbagi? Bisa, tapi secara manual. Begini ilustrasinya:
1. Ketika kita mau copy data dari satu komputer lain ke komputer kita, maka kita harus datang ke komputer tersebut, colok USB Flashdisk, copy data dan tunggu sampai selesai . Setelah itu balik lagi ke komputer kita, colok usb drive, copy lagi selesai.

Dengan menggunakan jaringan komputer kondisinya akan seperti ini, anda tinggal duduk di kursi nyalakan komputer lakukan mapping folder ke komputer yang dituju, copy data, selesai.

Flashdisk mesti dikosongkan lagi isinya agar kapasitasnya cukup untuk memindahkan data lainnya.
Dengan menggunakan jaringan maka tidak perlu flashdisk lagi.

2. Mau cetak atau print dokumen harus memindahkan printer dekat dengan komputer kita, setelah itu tancap kabel printer, install driver ( tidak perlu kalau sudah ada ), print. Kembalikan printer ke tempat semula karena mau dipakai orang lain, rumit sekali hidup ini.

Dengan menggunakan jaringan kondisinya seperti ini, anda tinggal duduk di kursi nyalakan komputer buka dokumen yang mau diprint, print, selesai.  Gampang sekali bos

3. Jika ada 5 komputer dalam satu rumah dan masing-masing mau konek internet, tanpa jaringan maka harus disiapkan 5 modem dan 5 langganan internet. Jika satu koneksi biayanya 50 ribu maka 5 koneksi 250 ribu.

Dengan jaringan maka cukup butuh 1 koneksi internet untuk 5 atau lebih komputer , tinggal memperbesar kuota dan kecepatan maka masalah internet lambat jadi beres.

Tiga alasan kenapa kita harus menggunakan jaringan komputer di rumah kita adalah:

1. Pemakaian komputer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan harga komputer semakin murah. Pengguna komputer dalam sebuah keluarga semakin bertambah.

2. Dengan jaringan komputer segala kegiatan terkait dunia komputerisasi jadi lebih mudah dan praktis.

3. Biaya yang timbul seiring dengan adanya penambahan pengguna komputer dalam keluarga atau kantor berskala kecil dapat ditekan seminimal mungkin.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share