Keuntungan dan kerugian jika Menggunakan Jaringan Komputer

Saat ini kebutuhan akan sebuah jaringan komputer memang tidak terlalu penting bagi sebagian besar pengguna komputer yang tergabung dalam sebuah komunitas seperti rumah tangga atau sebuah kantor kecil dengan jumlah pemakai komputer yang sedikit.

Namun jika dilihat ke depannya maka jaringan komputer akan sangat membantu aktivitas yang terkait terutaman yang berhubungan dengan sistem komputerisasi yang tentunya pasti menggunakan teknologi komputer.

Bagi yang merasa tidak begitu penting ada baiknya memahami sejauh mana keuntungan jika menggunakan jaringan komputer.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer di rumah atau di kantor berskala kecil;

1. Praktis

a. Saat menggunakan printer untuk mencetak tidak perlu bolak-balik memindahkan komputer atau printer.
b. Saat berbagi file, tidak dibutuhkan media seperti flashdisk atau eksternal hardisk, cukup dari komputer ke komputer yang terhubung melalui jaringan.
c. File-file penting bisa disimpan ditempat lain( server atau media yang sudah disediakan untuk keperluan tersebut ) sebagai backup cadangan untuk mengantisipasi jika komputer kita bermasalah.
d. Koneksi internet, tidak perlu repot-repot melakukan dial ke ISP, cukup menyalakan komputer, pastikan sudah terhubung dengan jaringan lokal(biasanya secara otomatis), dan, selamat berinternet.

2. Hemat

a. Satu unit printer bisa dipakai secara bersama-sama, tidak perlu menyediakan satu printer untuk tiap-tiap komputer.

b. Koneksi internet tidak perlu lebih dari satu, dengan satu koneksi internet semua komputer yang tergabung dan terhubung pada jaringan bisa menggunakannya.  Kita bisa berlangganan satu koneksi yang memiliki kecepatan yang tinggi dan kuota yang banyak ( jika berkuota) tapi cukup dengan satu koneksi saja, bandingkan dengan koneksi yang banyak tapi dengan kecepatan yang biasa-biasa, jika ditotal maka beberapa koneksi yang biasa-biasa saja itu jauh lebih mahal dari satu koneksi dengan kecepatan yang tinggi.

c. Ruang atau space hardisk jadi berkurang. Jadikan satu komputer sebagai media penyimpan, simpan data-data seperti musik dan movie yang tidak setiap saat atau sesekali saja kita gunakan ke media sharing tersebut, jadi  tidak perlu disimpan di masing-masing komputer. Jika ingin menonton atau mendengarkan musik, tinggal mengakses file tersebut.

3. Antisipasi terhadap kebutuhan di masa datang.

a. Jika usaha atau bisnis kita berkembang pesat, otomatis akan ada penambahan terhadap karyawan dan juga hal lainya terkait sarana penunjuang seperti jumlah komputer printer, akses internet dan sebagainya, begiut  juga bagi para pemilik rumah, jika ke depannya rumah anda beralih fungsi menjadi kos-kosan atau rumah makan atau kantin maka tidak perlu repot-repot menyediakan jaringan lagi, cukup dikembangkan dari yang sudah terpasang sebelumnya.

b. Dengan perencanaan yang matang, dengan melihat perkembangan ke depannya maka ke depannya keberadaan jaringan komputer menjadi sesuatu yang sangat berguna dan bukan menjadi sesuatu yang sia-sia.
Kerugian berbeda dengan kendala, ketika membangun sebuah jaringan komputer maka kendala yang dihadapi bisa dicek di link ini. Kerugian lebih bersifat hal-hal yang negatif dan berdampak pada pengeluaran.

Biasanya kerugian yang timbul adalah seperti berikut;

1. Kehilangan data 

Sering data terhapus tanpa sengaja oleh sesama pengguna dalam jaringan.

2. Koneksi internet lambat

Koneksi internet menjadi lambat karena ada salah satu user yang melakukan download dengan menggunakan download manager, hal ini bisa diatasi namun butuh server, keahlian dalam mengatur setting- an tersebut dan software khusus seperti bandwidth manager.

3. Masalah virus

Hal yang paling ditakutkan adalah ancaman serangan virus. Ketika terhubung  satu sama lain satu user yang terjangkit virus tanpa sadar bisa menjangkiti sesame user lain. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan kesadaran seluruh user terhadap ancaman serangan virus.

Masalah virus sebenarnya bukan hal yang baru, jika kita tidak melindungi diri dan menggunakan koneksi jaringan secara benar maka di manapun kita terkoneksi maka pasti terlindung dari serangan atau pun menjangkiti sesama pengguna yang lain.

Demikian untung dan rugi menggunakan jaringan komputer, lebih banyak untungnya dari pada ruginya. Ruginya pun bisa diatasi jika kita sudah terbiasa dan mentaati aturan-aturan dalam menggunakan jaringan komputer.

Share
Latest Comments
  1. Ratnasari Kamil September 17, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share