Hal Penting Terkait Media Kabel Pada Jaringan Komputer

Jaringan kabel merupakan salah satu bagian dari media komunikasi, jenis media komunikasi lainnya adalah jaringan tanpa kabel atau wireless. Media komunikasi menempati urutan paling bawah dalam OSI layer, yaitu Physical layer. Artikel dalam posting ini akan membahas hal penting apa yang mesti diperhatikan terkait dengan media komunikasi khususnya media kabel.

Media kabel merupakan media yang memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi serta jangkauan yang jauh, namun karena instalasi jaringan yang rumit dan mobilitas penggunanya yang terbatas membuat media kabel dianggap kurang praktis.

Berikut adalah hal-hal penting tentang kabel jaringan yang wajib diketahui,

1.    Jenis Kabel
Dari fisik, struktur kabel dan bahan materialnya, kabel data dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu:
–     Kabel Twisted Pair
Jenis kabel Twisted Pair secara fisik terbuat dari tembaga dan terdiri atas beberapa kabel kecil yang tersusun dengan pola berbentuk spiral. Kabel Twisted pair terdiri atas kabel UTP dan STP. Prinsip kerja Twisted pair adalah dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.
–    Kabel Coaxial
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar, kedua penghantar tersebut dibatasi oleh isolator. Penampang kabel coaxial selalu berbentuk lingkaran dengan salah penghantar berada pada titik pusat dari lingkaran itu.
Prinsip kerja Coaxial adalah dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.
–    Kabel Fiber Optik
Fiber Optik secara struktur bahan berbeda dengan kabel dengan bahan penghantar tembaga, inti dari kabel FO adalah serat yang terbuat dari kaca atau plastik. Prinsip kerja dari kabel FO adalah mengirimkan sinyal dalam bentuk cahaya dari sumber ke tujuan, bukan sinyal listrik seperti pada kabel twisted pair dan coaxial.

2.    Kecepatan transfer data dan jangkauan
Kecepatan transfer data diukur dalam satuan bit/detik atau bps.
Berikut adalah kecepatan maksimum dan jangkauan dari masing-masing tiga jenis kabel di atas.
–    Kabel Coaxial
2 Jenis kabel coaxial yang biasa dipakai sebagai kabel data adalah 10Base5 dan 10Base2, kedua kabel ini kecepatannya adalah 10 Megabps namun jangkauannya berbeda. 10Base5 memiliki jangkauan 500 meter sedangkan 10Base2 memiliki jangkauan sejauh 185 meter.
–    Kabel Twisted pair
Kabel Twisted pair jangkauannya tidak lebih dari 100meter, kecepatannya bervariasi mulai dari 10 Megabit per detik sampai 10000megabit/detik atau 10 Gigabit per detik.
–    Kabel Fiber Optik (FO)
Kabel FO jangkaunnya bervariasi namun keceptannya transfer rata-rata adalah 1 Gbps sampai 10 Gbps.  Jangkauan kabel FO mulai dari 100 meter sampai 80 Km.

3.    Instalasi dan Biaya
–    Kabel jenis Twisted pair merupakan kabel yang mudah dan didapat karena harganya yang murah dan peralatan pendukung seperti konektor dan peralatan instalasinya tidak mahal. Hampir semua komputer dan perangkat jaringan sudah menggunakan konektor RJ 45 yang biasa dipakai pada twisted pair.
–    Kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.
–    Kabel Fiber Optik masih cukup masih dari sisi material kabel serta tidak sembarangan orang bisa memasangnya. Pemasangan atau instalasi kabe FO membutuhkan peralatan khusus dan juga keterampilan khusus.

Ketiga faktor di atas bisa menjadi pertimbangan anda dalam membuat atau merancang sebuah jaringan LAN. Pertimbangkan kebutuhan anda sebelum memutuskan pilihan mana yang terbaik, terutama dari sisi biaya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share