Mengapa Pilih Printer Yang ada Koneksi Wifi

Pemakaian jaringan data tidak hanya untuk koneksi antara computer dengan computer tapi juga untuk koneksi antara computer dengan perangkat peripheral seperti printer, fax, scanner dan mesin fotocopy. Koneksi PC ke printer yang selama ini kita ketahui, lebih banyak menggunkan atau melalui sambungan langsung kabel perangkat tersebut dan umumnya memakai port pararel atau koneksi kabel USB.

Perkembangan selanjutnya adalah koneksi printer ke computer bisa dilewatkan melalui jaringan data tapi harus dengan perantaraan sebuah Print server, printer server merupakan sebuah perangkat yang bertindak sebagai pelayan atau server bagi para host klien yang tidak terkoneksi secara langsung ke printer dan ingin mencetak dokumen dengan menggunakan printer yang yang terhubung secara langsung di computer lain.

Dengan adanya print server maka setiap host compute yang ingin mencetak dokumen melalui printer tidak perlu tersambung langsung ke printer menggunakan kabel pararel atau kabel USB.
Semakin majunya jaman, pengembangan teknologi printer server mencapai pada kondisi di mana perangkat printer sudah tidak lagi membutuhkan computer yang bertindak sebagai server, para klien bisa terkoneksi secara jaringan, melalui koneksi kabel jaringan ataupun melalui koneksi jaringan tanpa kabel atau wireless.

Yaa.. bagi anda yang ingin membeli atau sedang menyusun rencana untuk mengganti printer lamanya maka pertimbangkan hal ini; bahwa saat ini printer-printer yang memiliki koneksi data baik itu dengan kabel maupun tanpa kabel sudah bisa bertindak sebagai print server dan dapat diakses melalui jaringan data kabel maupun tanpa kabel dan tanpa menggunakan print server.

Untuk lebih meyakinkan anda bahwa printer dengan koneksi wifi atau yang dilengkapi dengan koneksi data berupa kabel dan dan wifi jauh lebih bagus dari printer yang sama sekali tidak memiliki koneksi data, berikut ini adalah kelebihan dan keuntungan apa yang bisa anda dapatkan jika putusan pilihan anda pada printer yang memiliki koneksi data.

1.    Hemat perangkat
Tidak perlu lagi ada computer tambahan yang mesti disiagakan secara terus menerus sebagai print server, printer yang memiliki koneksi data sudah memiliki koneksi data, tinggal diberi IP address atau nama maka printer tersebut sudah bisa digunakan secara bersama-sama melalui koneksi data.

2.    Hemat listrik
Konsumsi listrik untuk printer begitu kecil terutama dalam kondisi standby atau siaga, bandingkan dengan konsumsi listrik pada pemakaian computer sebagai print server. Printer biasanya dalam kondisi siaga cuma membutuhkan daya kurang dari 10 watt sedangkan sebuah PC, konsumsi dayanya di atas 100 watt.

3.    Mobilitas
Perangkat printer yang memiliki koneksi data terutama koneksi wifi, mobilitas penggunanya tentusangat tinggi. Printer dengan koneksi wifi bisa diakses dari mana saja selama koneksi wifi bisa ditangkap oleh computer host yang ingin mencetak. Kita tidak perlu lagi mencabut atau mencolok kabel printer ke computer kita atau memindahkan printer ke sana ke mari, cukup dari tempat duduk anda, anda bisa mengeprint, bahkan foto copy juga fax. Setelah selesai anda tinggal mendatangi printer dan mengambil hasil cetakan. Bahkan pada printer yang canggih hasil fax pun bisa anda terima via email anda.

4.    Dapat diakses dan digunakan  oleh berbagai jenis perangkat
Printer yang memiliki koneksi wifi bisa langsung terhubung ke smartphone dan tablet, dengan demikian maka kita bisa langsung mencetak dokumen atau foto dari smartphone dan tablet secara langsung.

5.    Hemat waktu, hemat hemat energy

Banyangkan jika tidak ada koneksi wifi pada printer, tentunya banyak langkah atau step yang mesti anda lakukan untuk mencetak dokumen dari perangkat yang tidak memiliki koneksi pararel dan USB. Mencetak dokumen dan foto dari smartphone harus dilakukan melalui beberapa langkah yang cukup membuang waktu dan energy, harus menyalakan computer, kemudian memindahkan data dari smartphone ke computer dan konek ke printer.

Demikian, menghemat perangkat computer, hemat listrik, mobilitas yang tinggi, dapat dipakai oleh banyak dan macam perangkat serta hemat waktu dan energy adalah alasan mengapa anda harus memilih dan menggunakan printer yang memiliki koneksi data terutama koneksi wifi.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/bjmccray/1654050223/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share