Tips Memilih Jenis Network Card yang Pas Untuk PC

Komputer jenis PC pada awal ketika dibeli, hanya memiliki koneksi ke jaringan data melalui port RJ45 atau port Ethernet sehingga koneksi ke jaringan hanya bisa dilakukan menggunakan media kabel. Lambat laun koneksi ke jaringan via kabel data sudah tidak lagi popular dan para pengguna PC sangat berharap komputer mereka bisa lebih fleksibel layaknya sebuah laptop yang sejak dibeli sudah langsung dilengkapi dengan koneksi wireless yang begitu mobile.  

Agar supaya komputer PC bisa terkoneksi secara wireless maka yang harus dilakukan adalah memasang wifi adapter pada komputer tersebut. Memasang wifi adapter tidaklah sulit, sangat mudah. Yang jadi masalah adalah spesifikasi  wifi adapter seperti apa yang tepat, cocok dan pas untuk komputer PC dan juga sesuai dengan kantong dari pemiliknya.

Berikut ini adalah beberapa wifi adapter yang menjadi favorit untuk dipakai pada komputer PC beserta tips saat memilih wifi adapter tersebut.

1.    TP-LINK TL-WN722N
Jenis wifi adapter ini terkoneksi ke komputer dengan menggunakan konektor USB. Yang membuat   wifi adapater TP-LINK TL-WN722N begitu banyak disukai dan dipakai adalah sebagai berikut:

a.    TP-Link TL-WN722N menggunakan USB konektor yang dilengkapi dengan kabel USB extender yang cukup panjang. Dengan koneksi USB  kita tidak perlu membuka casing PC untuk proses instalasinya.

b.    Proses instalasinya begitu mudah tidak tancapkan wifi adapter ke komputer dan install diriver dengan menggunakan CD program yang tersedia dalam paket pembelian.

c.    Posisi wifi adapter ini bisa diatur secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan agar tangkapan sinyalnya semaksimal mungkin. Hal ini bisa dilakukan karena adanya kabel USB extender yang tersedia.

d.    Power keluaran atau output dari wifi adapter ini sangat besar yaitu sebesar 20 dBm. Frequency sinyal keluaran wifi adapter ini adalah 2.4 GHz dengan data rate maksimum 150 Mbps.

e.    Antenna yang terpasang bisa diganti karena sifatnya yang detachable atau bisa dilepas dan diganti dengan antenna lain yang memiliki konektor yang sama dan memiliki power yang lebih besar.

f.    Untuk harga, TP-Link TL-WN722N berkisar antara 100 ribu rupiah, cukup murahkan.

g.    Sebagai kesimpulan, TP-Link TL-WN722N tidak hanya bisa dipakai di komputer PC tapi juga bisa dipakai di laptop untuk memperbesar sinyal wifi adapater di laptop jika wifi adapater laptop dirasa kurang besar powernya. Terus terang wifi adapter ini adalah produk favorit saya, sangat direkomendasi.

2.     PROLINK Wireless-N High Power USB Adapter  PAN2001
Jenis wifi adapter ini terkoneksi ke komputer dengan menggunakan konektor USB, sama seperti TP-Link TL-WN722N, PAN2001 juga menawarkan kelebihan yang mirip dengan TP-Link TL-WN722N.

Kelebihan dari Prolink adalah power ouput yang besar , mencapai  200 dBm. Jika dibandingkan dengan TP-Link TL-WN722N maka kelemahan dari Prolink PAN2001 lebih pada harganya yang lebih mahal.
Jika diberi pilihan antara PROLINK Wireless-N High Power USB Adapter  PAN2001 dengan TP-Link TL-WN722N maka pastinya pilihan kepada TP-Link TL-WN722N, meski dengan harga yang sama.
Kesimpulannya, PROLINK Wireless-N High Power USB Adapter  PAN2001 bisa digunakan pada jenis komputer PC dan juga  Laptop.

3.    TP-LINK TL-WN727N dan TP-LINK TL-WN821N
TP-LINK TL-WN727N dan TP-LINK TL-WN821N merupakan wifi adapter yang bisa dipakai oleh komputer PC , secara umum spesifikasi keduanya adalah sebagai berikut :

a.    Beroperasi pada frequency 2.4GHz

b.    Menggunakan konektor USB untuk konek ke PC

c.    Power output sebesar 20dBm

d.    Hanya memiliki antenna internal, jadi TP-LINK TL-WN727N dan TP-LINK TL-WN821N tidak bisa ditambahkan atau diganti antenna-nya.

e.     Antara TP-LINK TL-WN727N dan TP-LINK TL-WN821N hanya berbeda pada data rate saja, TP-LINK TL-WN727N memiliki data rates 150 Mbps sedangkan TP-LINK TL-WN821N memiliki data rates 300 Mbps. 

f.    Secara harga, TP-LINK TL-WN727N lebih murah dari TP-LINK TL-WN821N. TP-LINK TL-WN727N  dihargai sekitar 55 ribu Rupiah dan TP-LINK TL-WN821N dihargai 150 ribu rupiah.

g.    Sebagai kesimpulan kedua wifi adapter ini bisa dipakai untuk menjadikan koneksi data pada komputer PC anda menjadi lebih fleksibel. Dalam paket pembeliannya tersedia kabel USB extension sehingga penempatan posisi kedua wifi adapter ini jadi lebih fleksibel juga. 

h.    Kelemahannya dari produk dengan tipe seperti ini hanya pada antenna saja, di mana antennanya tidak bisa diganti atau ditambahkan.

4.     TP-LINK TL-WN781ND
Wireless Wifi adapter TP-LINK TL-WN781ND merupakan wifi NIC yang dipasang hanya pada komputer jenis PC dan tidak bisa dipasang pada komputer jenis laptop. Hal ini disebabkan karena interface atau konektor dari TP-LINK TL-WN781ND hanya bisa terpasang pada slot motherboard dari komputer PC.
Jenis slot dari motherboard komputer PC pun harus yang berjenis PCI express, bukan yang berjenis PCI.

Jadi tidak semua komputer PC yang bisa dipasangi dengan wifi adapter TP-LINK TL-WN781ND, hanya yang memiliki slot jenis PCI Express di motherboard-nya.  Secara garis besar kelebihan wifi card TP-LINK TL-WN781ND ini adalah:

a.    Memiliki antenna Detachable Omni Directional, artinya antenna-nya bisa dilepas dan diganti dengan antenna yang lebih besar powernya.

b.    Frequency operasional nya adalah 2.400 sampai 2.4835GHz

c.    data rate signal-nya mencapai 150 Mbps.

d.    Power maksimum yang dihasilkan adalah 20 dBm.

e.    Kelemahan dari wifi adapter TP-LINK TL-WN781ND ataupun merk lain yang sejenis adalah pemasangan ke komputer relative repot karena harus membuka casing samping dan komputer harus dalam kondisi off.

f.    Kelemahan lainnya adalah tidak semua komputer bisa dipasang wifi adapter ini, hanya yang memiliki slot PCIexpress. 

5.    TP-LINK TL-WN751ND
Wireless Wifi adapter TP-LINK TL-WN751ND merupakan wifi NIC yang dipasang hanya pada komputer jenis PC dan tidak bisa dipasang pada komputer jenis laptop. Hal ini disebabkan karena interface atau konektor dari TP-LINK TL-WN751ND hanya bisa terpasang pada slot motherboard dari komputer PC.

Berbeda dengan wifi adapter TP-LINK TL-WN781ND, jenis slot dari motherboard komputer PC yang pas untuk  TP-LINK TL-WN751ND adalah PCI, bukan yang berjenis PCI Expres atau PCIe. Jadi tidak semua komputer PC yang bisa dipasangi dengan wifi adapter TP-LINK TL-WN751ND, hanya yang memiliki slot jenis PCI di motherboard-nya.  Secara garis besar kelebihan wifi card TP-LINK TL-WN751ND adalah sama dengan TP-LINK TL-WN751ND.

Sebagai kesimpulan bahwa wifi adapter yang bisa pasang pada komputer PC adalah yang menggunakan konektor jenis USB, untuk yang menggunakan konektor slot PCI dan PCIe maka pemilihannya harus dikondisikan dengan slot dari motherboard. Meskipun slot motherboard tersedia kedua slot PCI dan PCIe maka yang harus diperhatikan adalah space atau ruang dari slot tersebut apakah memungkinkan untuk ditambahkan wifi card. 

Semoga berguna.

Latest Comments
  1. bun January 27, 2016
    • Anto January 27, 2016
  2. agung April 9, 2016
  3. Gun gun October 16, 2016
    • Anto October 17, 2016
  4. bayu November 18, 2016
    • Anto November 18, 2016
  5. regpulsa.com December 11, 2016
    • Anto December 11, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *