Sudah Waktunya Memakai Kacamata Baca

Sudah tiga bulan lamanya saat berhadapan dengan layar computer atau hape smartphone, saya harus mengenakan kacamata baca ( Plus Minus), jika tidak pakai kacamata maka rasa amat tersiksa pada mata dan kepala, mata terasa pedih, berair dan kepala pusing.

Kepala pusing langsung terasa, mata berair dan pandangan tidak fokus, jika dipaksakan maka akan terasa perih pada mata. Hal ini sangat terasa saat membaca pada jarak dekat.

Itulah alasan kenapa pada tiga bulan yang lalu saya putuskan untuk mengunjungi sebuah Optik terkenal di kawasan Bekasi.

Di optic tersebut, mata saya diperiksa dan vonisnya adalah mata saya mengalami atau menderita Plus 1 dan Silinder 0.5, dua-duanya.

Dari pada tersiksa maka saya putuskan untuk memesan dan membayar kacamata tersebut.

Harganya tidak murah, 1,9 juta rupiah.. untuk lensa dan frame. Jenis lensanya progresif, garansi lensa 1 tahun, pastinya.

Setelah memakai kacamata, hidup terasa lebih baik..

  1. Mata tidak cepat capai

Iya, saat membaca mata tidak cepat capai dan terasa pusing lagi. Tulisan kecil pun terlihat jelas. Beda dengan kondisi sebelum tidak pakai kacamata, membaca tulisan yang agak kecil sebentar saja, maka mata terasa berat dan lelah.

  1. Berlama-lama di depan Laptop tidak membuat mata sakit

Karena pekerjaan saya memang lebih mengharuskan berlama-lama depan layar monitor maka dengan kacamata membuat mata tidak lagi lagi.

Dulu sebelum tidak pakai kacamata, jika berlama-lama di depan monitor maka mata akan berair dan perih.

  1. Pandangan lebih jelas

Sebelum memakai kacamata jika membaca tulisan yang cukup kecil di kejauhan terlihat tidak terlihat jelas, berbayang.

Dengan kacamata maka tulisan jauh puh terlihat jelas tidak cukup fokus.

  1. Lensa progresif membuat segalanya jadi praktis

Iya karena mata saya Plus 1 maka tentunya lensa kacamata jenis ini tidak bisa dipakai untuk jarak pandang melebihi jarak baca normal, mungkin sekitar kurang dari 1 meter.

Dan biasanya kita harus melepas kaca mata untuk melihat atau jarak pandang di atas 1 meter.

Dengan lensa progresif maka kita bisa melihat jarak dekat dan jarak jauh tanpa harus melepas kacamata kita.

  1. Pilih kacamata berlensa progresif atau biasa

Sebaiknya pilih  yang progresif jika mata menderita 2 gangguan penglihatan sekaligus, misalnya plus dan silinder.

Kalau mata anda plus maka sebaiknya pilih yang progresif karana tidak perlu mencopot kacamata untuk melihat jauh.

Jangan Menunda-nunda

Ketika mata sudah divonis mengalami gangguan plus atau minus maka segeralah menggunakan kacamata, menunda-nunda pakai kacamata akan membuat anda tersiksa sendiri, banyak waktu dihabiskan dengan mengeluhkan masalah pada mata dan sakit kepala.

Sebelum memakai kacamata, saat mengendarai motor untuk waktu yang lama, biasanya di atas setengah jam, rasa capek sangat terasa pada mata, otot-otot seperti tertarik, terutama pada tengkuk dan bagian samping mata.

Mata kita, terutama otot-otot mata dipaksa untuk membuat pandangan kita tetap fokus. Meskipun bukan dokter, tapi menurut saya mata kita saat dibuka, ditutup, melotot, mengintip dan gerakan lainnya pastilah menggunakan otot-otot penunjang.

Ketika fokus lensa mata dalam kondisi normal, otot-otot tersebut bekerja tidak terlalu keras atau biasa-biasa saja. Akan tetapi ketika lensa mata sudah berkurang kemampuan fokusnya maka otot-otot penunjang akan dipaksa untuk bekerja sedemikian rupa agar lensa mata tetap fokus untuk dipakai melihat.

Semakin sering dipaksa bekerja keras maka kemampuan mata beserta jajaran otot penunjangnya akan berkurang kinerjanya, jika terus menerus dibiarkan maka lambat laun akan semakin lemah dan tidak sanggup lagi untuk membuat fungsi mata berjalan seperti normalnya.

Kacamata membantu kerja otot jadi lebih ringan, mata jadi lebih sehat

Memakai kacamata, sama saja dengan membantu membuat kerja otot mata jadi lebih ringan, tidak perlu tenaga yang besar untuk menggerakan otot tersebut agar lebih fokus, kacamata membuat cahaya atau obyek yang dilihat saat masuk ke mata menjadi lebih tepat ke titik sasaran tanpa harus dibantu oleh kerja keras otot mata.

Pakai kacamata ribet tapi lebih baik dari pada tidak pakai

Terus terang, lebih ribet lagi kalau tidak pakai kacamata, saya pernah terpaksa menyuruh orang membacakan sebuah tulisan yang cukup kecil karena saya tidak sanggup untuk melihat dengan jelas.

Ini terjadi ketika saya membaca sebuah tulisan pada sepesifikasi komputer yang sangat kecil, biasanya saya menggunakan kamera hape, difoto, terus dizoom hasil fotonya….

Karena lama dan cukup ribet akhirnya saya ambil jalan pintas untuk menyuruh orang yang membacakan.  Untuk dia tidak minta honor atas jasanya tersebut…  Kalau sampai minta honor Hmmm rasanya lebih ribet benar hidup ini.

Kalau dirasa ribet maka bisa dicopot sebentar dan dipakai lagi saat waktu dan kondisi di mana kita membutuhkan, gak ribet kan.

Kesimpulan

Jika anda mengalami berkurangnya daya fokus pada mata anda maka sebaiknya anda segera memeriksakan mata anda ke optic atau ke dokter mata, jika sudah diharuskan untuk menggunakan kacamata sebaiknya anda tidak perlu menunda-nunda lagi.

Terus terang saya sendiri sudah menunda-nunda untuk memakai kaca mata selama lebih dari 2 tahun dan setelah memakai kacamata ada perubahan yang cukup besar terjadi pada penglihatan dan aktivitas keseharian yang membutuhkan fokus dan ketelitian indera penglihatan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share