Apa sih Warna Yang Tepat Untuk Latar Belakang Foto

Bagi orang awan, membuat sebuah foto yang berkualitas itu ibaratnya seperti berjudi, kadang bagus kadang jelek, tidak pasti. Tidak seperti fotografer professional yang sekali jepret langsung menghasilkan foto bagus berkualitas.apa-sih-warna-yang-tepat-untuk-latar-belakang-foto

Menurut para pakar dan professional di dunia fotografi, salah satu faktor penentu kualitas sebuah foto adalah terletak pada warna latar belakang foto.

Warna latar belakang dari sebuah photo mencerminkan atau memberikan kesan dan makna tertentu kepada keseluruhan foto.

Berikut adalah warna-warna latar belakang sebuah foto beserta makna yang diwakilinya.

1. Warna Hitam

Warna hitam pada latar belakang sebuah foto memberikan kesan yang elegan kepada objek utama dari sebuah foto.

Warna hitam itu sangat tepat digunakan untuk mengabadikan sebuah object tunggal dalam sebuah foto.
Warna hitam yang dipakai sebagai warna latar sebuah foto akan membuat foto tersebut selalu diingat dan memberikan kesan misterius.

2. Warna bayangan Abu-abu

Warna abu-abu yang seperti bayangan adalah warna yang netral. Dalam dunia fotografi warna latar belakang putih akan memberikan kesan tegas kepada obyek utama tanpa harus mengganggu orang yang melihat.

Latar belakang abu-abu sangat ideal sebagai latar belakang untuk memotret produk pakaian, perhiasan atau rambut seorang model, terutama jika berada pada tempat yang terang di mana obyek foto akan terlihat begitu menonjol terhadap latar belakang.

Karena kehalusan warna latar belakang abu-abu, maka mata yang melihat akan secara alami terarah pada tengah-tengah gambar atau foto.

3. Warna Ungu Royal Purple

Warna ungu tidak begitu bagus untuk dijadikan sebagai warna latar namun sangat bagus sebagai warna latar belakang untuk foto anak-anak, produk atau obyek lainnya yang ingin anda tampilkan dengan rasa fantasi yang kuat.

Warna ungu pada latar belakang akan memberikan kesan kepada yang melihatnya berupa perasaan sedih yang seharusnya tidak ditampilkan pada sebuah foto.

4. Warna Merah Terang

Warna merah terang akan memberikan banyak kesan kepada yang melihatnya antara lain:

– Memberikan motivasi
– Energik
– Mudah membuat orang menjadi lapar
– Dapat meningkatkan tekanan darah
– Dapat memberikan semangat
– Berkaitan dengan masalah asmara

Singkatnya, latar belakang merah pada sebuah foto akan menjadi perhatian tersendiri; Orang-orang biasanya secara alami tertarik kepada warna merah, seperti ketika melihat seseorang dengan kemeja merah terang atau gaun merah.

Warna merah juga dinilai identik dengan rasa cinta dan marah.

5. Apakah warna coklat bagus untuk latar foto?

Warna coklar jarang digunakan dan sering diabaikan, tapi sebenarnya pada kondisi dan situasi tertentu warna coklat bisa menjadi warna yang ideal untuk dijadikan warna latar foto.

Netralitas dan kesan bersahaja membuat obyek potret merasa sangat nyaman untuk dilihat.

Bagi anda yang ingin memberikan kesan nyaman dan akrab maka warna coklat mungkin menjadi pilihan yang baik sebagai warna latar.

6. Warna putih bersih

Warna putih adalah warna yang paling populer untuk dijadikan latar belakang foto, warna putih itu sepertinya tidak pernah mati gaya.

Ada kesan kemurnian yang tercipta saat seseorang melihat sebuah foto berlatar belakang putih.Makanya warna putih itu banyak dijadikan warna latar untuk potret bayi atau anak kecil, hewan peliharaan atau foto keluarga.

Warna putih juga dapat menjadi pelengkap bagi warna lain dan sangat mudah untuk mengganti warna latar putih dengan warna lain. Cukup dengan mengganti warna lampu dengan maka latar belakang putih pun akan berubah.

7. Kuning pembawa ceria

Cerahnya warna kuning memberikan kesan bahagia, ketika dijadikan sebagai warna latar belakang foto maka akan tercipta kesan gembira dan memberikan energy tambahan kepada sebuah foto.

Warna kuning adalah warna yang kuat dan membuat orang betah dan berlama-lama melihat sebuah foto berlatar kuning.

Latar belakang warna kuning harus dipadankan dengan warna gelap dari obyek utama foto sehingga membuat obyek tersebut terlihat menonjol dalam potret tersebut.

8. Warna Hijau Go Green

Warna hijau mirip dengan warna coklat, tapi warna hijau lebih sering digunakan sebagai latar belakang foto. Menggunakan warna hijau dalam foto akan memberikan kesan nyaman, bersahaja dan sederhana.

Warna hijau cocok untuk latar belakang sebuah produk dan orang. Namun warna hijau gelap memberi makna tentang uang, ini salah satu kesan buruk dari latar belakang foto warna hijau.

9. Warna pink

Warna pink sangat mewakili makna atau berhubungan erat dengan wanita dan cinta, pilihan warna pink sangat cocok untuk jadi latar belakang foto seorang wanita dan benda-benda atau produk yang berhubungan dengan kaum wanita.

10. Warna Biru

Biru adalah warna yang indah, sangat populer dalam dunia fotografi. Warna biru sangat cocok untuk beberapa jenis foto.

Meskipun warna biru dianggap dapat meningkatkan nafsu makan namun latar belakang biru tidak tepat untuk jadi latar belakang foto makanan.

Warna biru sering dikaitkan dengan maskulin dan sangat cocok untuk menjadi latar belakang foto pria. Paduan warna biru tua dan keseriusan wajah pria menjadi kombinasi yang sempurna.

Demikian panduan pilihan warna latar belakang sebuah foto yang dapat anda gunakan, semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share