Apa Untungnya Menggunakan Jaringan Komputer.

Membuat sebuah jaringan komputer pastilah ada pertimbangan yang sudah dipikirkan sebelumnya, tidak asal mengikuti arus perkembangan jaman.

Pertimbangan untung rugi tentunya merupakan faktor utama dalam membangun sebuah jaringan. Meskipun ada resiko kerugian yang harus ditanggung namun tetap saja lebih banyak untung daripada ruginya.

Berikut ini adalah pertimbangan terkait keuntungan yang bakal didapat dari sebuah jaringan komputer yang dibangun di rumah atau di kantor-kantor yang berskala kecil sampai besar.

1. Sharing atau berbagi file 
Jaringan komputer membuat dua komputer atau lebih dapat berbagi file semudah membuka windows explorer tanpa harus secara manual menyimpannya dulu ke sebuah media penyimpanan external dan kemudian memindahkannya ke komputer lain.

Berbagi file menjadi lebih cepat dan mudah tanpa harus bergeser dari kursi dan tempat duduk anda. Jika terdapat file yang berukuran besar maka kita tidak perlu membuang waktu yang banyak dalam memindahkan atau berbagi file tersebut.

2. Berbagi ruang atau space hardisk 
Jaringan komputer membuat kita lebih menghemat kapasitas harddisk atau flash disk, tinggal mentransfer ke komputer lain yang ada dalam jaringan kita tanpa harus disimpan di hardisk komputer kita. Kita tinggal siapkan satu komputer atau media external dan menyimpan semua data-data kita yang tidak terlalu sering dipakai seperti film, musik, video, gambar serta buku-buka elektronik yang sesekali saja dibaca.

3. Membuat Backup Data
Memiliki Backup file yang berisi  data kita adalah hal yang teramat penting dalam dunia komputersasi. Anda harus selalu menyimpan salinan file-file ekstra penting tersebut, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kasus kerusakan pada hard disk komputer kita, jika hardisk rusak atau seseorang sengaja menghapus file hasil pekerjaan kita dan kita sama sekali tidak mempunyai backup di luar dari komputer kita maka sia-sia sudah kerja keras kita.

Dengan atau melalui jaringan komputer maka kita dapat dengan mudah dan cepat membuat cadangan semua data ke media penyimpanan  berupa external disk atau hard disk yang ada dalam jaringan komputer kita. Demikian juga ketika data tersebut dikembalikan lagi maka prosesnya  akan cepat dan mudah.

4. Berbagi perangkat 
Perangkat yang dimaksud adalah seperti printer  dan scanner, banyangkan jika antar komputer tidak terhubung dengan jaringan, ketika hendak mencetak dokumen maka kita harus bolak-balik ke printer sambil membawa komputer kita atau membawa data kita dalam flash disk dan mem-print melalui komputer yang terhubung langsung dengan printer  dan scanner. Atau kita harus menambah perangkat printer, sangat boros.

Pernah  dan sering terjadi ketika akan mengeprint si empunya komputer sedang sibuk mengerjakan perkerjaannya dan kita diminta untuk menunggu tanpa kepastian berapa lama pekerjaannya selesai. Kesal sekali pastinya, tapi dengan jaringan computer, dokumen bisa langsung di-print dari tempat kita tanpa harus bolak–balik mengecek apakah bisa print atau tidak.

5. Beraktivitas secara bersama dengan sebuah aplikasi.
Jaringan komputer memungkinkan kita dalam melakukan aktivitas secara bersama-sama dengan menggunakan satu aplikasi yang dapat terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Aplikasi game misalnya, membuat kita dapat bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga atau teman-teman kantor bermain dan bersenang-senang secara bersama.

6. Berbagi Internet.
Ini yang paling penting, saya sudah membuktikannya sendiri, dengan jaringan komputer tanpa kabel maka saya cukup berlangganan satu akses internet saja. Sebelum berpikir untuk membeli sebuah wi-fi router, saya dan istri masing-masing memiliki sebuah modem.

Sekarang dengan terkoneksi melalui jaringan wi-fi maka  semua perangkat mulai dari smartphone, tablet anak sampai laptop kami bisa terkoneksi ke internet hanya dengan satu koneksi internet saja. Dengan adanya jaringan komputer maka biaya langganan internet menjadi berkurang.

Demikian, ternyata begitu banyak sekali keuntungan yang didapat dengan menggunakan jaringan internet, mulai dari hemat anggaran, hemat biaya, aktivitas kerja jadi lebih efektif dan efisien sampai kebersamaan terjalin dengan baik.

Memang dari segi kerugiannya adalah pada masalah keamanan, di mana jaringan komputer dianggap tidak aman karena banyak celah pada sistem jaringan yang dapat ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi jika kita waspada dan sadar serta semaksimal mungkin melakukan tindakan pencegahan maka  bahaya yang ditakutkan kecil kemungkinan untuk menimpa kita.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share