Blender Bermasalah, ini cara servicenya

Ketika membaca sebuah tulisan di sebuah forum online, saya jumpai sebuah artikel yang berjudul “ Cara Memperbaiki dan Mengganti Gir Blender “, membaca artikel tersebut jadi teringat akan masalah blender yang pernah saya alami.

Masalah pertama,

Waktu itu saya diminta bantuan untuk memblender bumbu dapur yang cukup banyak dan keras, seperti lengkuas, jahe, kunyit dan batang sere.

Karena jumlahnya yang cukup banyak dan kualitas blender yang kurang baik maka hasilnya cukup mengejutkan.

Bumbu dapur tidak berhasil dihaluskan dan malah blendernya jadi rusak, mati total.
Mungkin karena buru-buru biar cepat selesai maka saya masukkan semua bumbu dan sedikit memaksa kerja blender, beberapa saat kemudian tercium bau hangus dan terlihat asap keluar dari bagian bawah blender.

Ternyata blender nya rusak total tidak bisa lagi diperbaiki. Lembiru, Lempar, beli baru.

Jadi kalau menggunakan blender itu sebaiknya jangan yang terlalu banyak, apalagi yang mau di haluskan itu bahannya keras, sedikit-sedikit saja. Tambahkan minyak dan sedikit air untuk mempermudah proses.

Masalah kedua,

Suatu saat ketika menggunakan blender, putaran pisau sangat lambat dan tersendat-sendat. Setelah mengecek dengan seksama, maka ketemu juga biang penyebab masalah tersebut.

Penyebabnya adalah pada bagian poros dari mata pisau terdapat seperti serat benang yang cukup rapat dan menahan putaran poros.

Ternyata asal-usul serat benang tersebut adalah kerena selama ini saat memblender bumbu batang sere tidak semuanya halus dan batang sere tersebut berubah menjadi serat benang.

Bumbu seperti batang sere itu sebenarnya tidak masalah diblender asalkan dipotong-potong terlebih dahulu dipotong-potong menjadi bagian yang kecil-kecil.

Masalah Ketiga,

Masalah gir yang aus, gir merupakan bagian bergerigi yang terdapat pada bagian bawah wadah penampung dan pada bagian atas dari motor pemutar blender.

Pada saat kita memasang wadah penampung ke bagian atas dari motor maka gigi dari gir motor dan gigi-gigi dari gir wadah penampung saling bertemu, kombinasi gigi-gigi pada kedua gir tersebut diatur sedemikian rupa agar ketika motor berputar maka secara otomatis ikut memutar gigi-gigi gir pada penampung yang terhubung dengan poros mata pisau yang terdapat di dalam wadah penampung.

Gir sebenarnya cukup awet jika kualitas bahan dan posisi pemasangannya tepat atau pas dan tidak longgar saat terpasang.

Masalahnya terjadi pada Gir itu lebih disebabkan karena gigi-giginya yang sudah aus, solusinya tiada lain, yaitu harus diganti gir.

Untuk mengganti Gir blender, cek video berikut:

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share