Cara Meningkatkan Zoom Kamera Hape Smartphone

Salah satu tips untuk membuat gambar atau video layaknya seorang professional dengan kamera smarphone adalah tidak boleh memainkan fitur zoom pada kamera tersebut secara berlebihan karena hasilnya gambar dan video akan terlihat kurang bagus.

Terus bagaimana caranya mengambil gambar dengan di zoom tapi kualitasnya tetap sebagus tidak melakukan zoom?

Solusinya adalah dengan menggunakan bantuan teropong Monocular atau kekeran bajak laut… hahahahaha.
Saya pernah mempraktekannya sewaktu melakukan survey lapangan untuk menentukan LoS tidaknya sebuah titik dengan titik lainnya.

Caranya adalah :

1. Atur fokus optical zoom dari monocular sesuai dengan yang anda inginkan atau sesuai dengan hasil zoom yang diinginkan.

2. Tahan posisi fokus monocular atau binocular agar tidak sampai berubah.

3. Tempatkan lensa kamera tepat di depan bagian depan dari bagian monocular yang dipakai untuk mengeker sebuah objek, artinya posisi kamera menggantikan posisi mata kita.

4. Segera ambil gambar dengan kamera.

Cara yang sama bisa anda lakukan atau terapkan pada smartphone, hanya saja monocular yang digunakan haruslah yang mendukung untuk dipasangkan pada smartphone.

a. Monocular tersebut harus dilengkapi dengan klip yang dapat menahan smartphone agar tetap menempel dengan smartphone kita.

b. Monocular tersebut dilengkapi dengan tripod sehingga tidak perlu dipegang sehingga hasil gambarnya lebih fokus.

c. Tentunya monocular tersebut juga memiliki daya optical zoom yang besar, mencapai 40x samapi 60x zoom, agar hasil zoomnya benar-benar bagus. woooww mantap.

Dengan bantuan monocular artinya kamera smartphone sama sekali tidak melakukan zoom sama sekali, proses zoom dilakukan oleh monocular atau teropong.Dengan cara ini maka kualitas gambar pasti akan bagus seperti menggunakan kamera pro yang mahal.
Anda masih bingung membayangkan seperti apa model teropong atau kekeran dan cara pasangnya, cek gambar di bawah ini.

Sumber: boingboing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *