Saat Cuaca Panas Hal-hal berikut Ini Bisa Jadi Penyebab Hape Anda Kepanasan

Pada musim panas dan saat cuaca sedang panas terik disarankan agar para pemilik hape untuk waspada akan pengaruh cuaca panas terhadap tingkat kepanasan hape.

Hape yang kepanasan bukan hanya disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan atau battery yang bermasalah tapi bisa juga disebabkan oleh perlakuan terhadap hape oleh sang pemilik.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan guna mencegah hape kepanasaan saat cuaca panas:

  1. Jangankan meninggalkan hape anda dalam mobil saat anda memarkir kendaraan tersebut

Mobil yang terpakir diluar ruangan dan terkena sinar matahari langsung dapat menyebabkan suhu udara di dalamnya menjadi naik dan memberikan efek panas terhadap benda-benda yang ada di dalamnya, termasuk hape yang ditinggal di dalam mobil.

Apalagi jika hape tersebut ditaruh di bagian yang terkena sinar matahari langsung, hal ini juga mesti anda hindari jika berkendara dalam waktu yang lama.

Hindari untuk menaruh hape pada tempat yang selalu terkena sinar matahari.

  1. Matikan fitur-fitur yang tidak anda butuhkan

Fitur-fitur tersebut adalah fitur atau setingan hape yang berpotensi membuat hape menjadi cepat panas karena pemakaian energy daya yang besar, misalnya Bluetooth, koneksi 4G LTE, Wi-Fi, dan GPS.

Jika Anda tidak memerlukannya saat Anda bepergian, matikan saja. Dengan begitu maka hape anda tidak bekerja extra dan membutuhkan daya yang besar juga.

  1. Lepas sarung hape

Jika suhu udara sekitar cukup panas maka sebaiknya lepaslah sarung hape anda agar sirkulasi udara pada casing hape menjadi lancer dan hape menjadi lebih dingin.

  1. Simpan battery hape secara terpisah

Jika anda sedang berjalan-jalan dan hape anda dalam keadaan tidak digunakan maka sebaiknya anda mematikan dan menyimpan hape anda dengan kondisi battery-nya tidak terpasang dan menyimpannya secara terpisah.

  1. Jangan memasukkannya ke dalam kulkas

Menurut Gazelle, sebuah situs di mana Anda bisa menjual gadget lama Anda, mendinginkan gadget elektronik seperti hape terlalu cepat justru bisa merusak komponen elektroniknya.

Jangan dinginkan terlalu cepat. Jika hape Anda terlalu panas, reaksi pertama yang dilakukan adalah ingin cepat-cepat mendinginkannya.

Namun proses pendinginan yang cepat dan drastis dapat menyebabkan kondensasi pada bagian dalam perangkat, air yang timbul akibat kondensasi tersebut dapat menyebabkan karatan dan hubungan pendek pada sambungan listrik.

Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan jika  merasa perangkat hape terlalu panas adalah dengan perlahan-lahan mendinginkannya. Caranya adalah dengan mematikan hape dan membiarkan sementara waktu. Jika melepas battery maka pastikan battery tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Semoga berguna.

Share
Latest Comments
  1. it solution indonesia June 22, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share