Untuk Apa dan Cara Cepat Mengecek Mac Address

Beberapa waktu yang lalu kami dipindahkan ke ruangan lain dan di ruangan tersebut koneksi kompter kami yang terhubung ke lokal LAN atau jaringan computer mengalami masalah.

Komputer tidak bisa mengakses email outlook, tidak bisa remote desktop, tidak bisa ke intranet dan akses ke komputer di ruangan lain sama sekali tidak bisa.

Sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah ini maka pertama kali dilakukan adalah menghubungi network admin setempat.

Oleh network admin kami ditanyakan berapa mac address computer, bagi yang sudah berpengalaman di networking, urusan mac address adalah hal yang biasa namun bagi yang tidak pernah bersentuhan dengan urusan jaringan maka MAC address adalah sesuatu yang cukup asing.

Pada saat ditanya berapa mac address computer kita maka apa yang harus kita lakukan untuk mengecek berapa mac address kita, apa langkah-langkah dan cara untuk mengetahui berapa mac address kita.

Apa itu mac address?

Media Access Control address adalah alamat fisik atau alamat hardware dari setiap network adapter yang terpasang pada semua computer dan perangkat jaringan.

Apa peran dan fungsi  Mac Address ?

Fungsi Mac address adalah sebagai alamat yang digunakan oleh computer untuk berkomunikasi dengan computer lain yang ada di dalam local area network LAN yang sama.

Mac address hanya dipakai untuk berkomunikasi di lingkungan jaringan lokal saja, untuk komunikasi antar jaringan menggunakan IP address.

Seperti apa format mac addres?

Mac address itu adalah system pengalamatan yang unik artinya setiap network adapter yang dibuat mempunyai alamat Mac Address yang berbeda dengan yang lain.

Mac Address terdiri atas 48bit bilangan hexa decimal. 0123456789ABCDEF

Contoh mac address:  2c-ab-00-1a-4d-31

Supaya anda bisa mengecek mac address dengan cepat dan akurat, dan terlihat seperti seorang network professional maka berikut ini caranya:

  1. Gunakan Command Prompt

Buka aplikasi command prompt melalui Start, ketik pada bagian pencarian kata CMD. Akan muncul aplikasi cmd.ipconfig all

Pada aplikasi Cmd atau command prompt ketiklah perintah ipconfig /all  lalu tekan enter.

Cek pada bagian Physical address dari network adapter yang terlihat. Itulah mac address computer kita.

Baik network adapter yang terkoneksi maupun yang tidak terkoneksi dapat diketahui berapa mac address nya dengan menggunakan cara ini.

  1. Gunakan perintah Getmac

Melalui command prompt ketikan perintah getmac lalu enter, maka akan terlihat mac address dari semua interface atau network adapter yang terpasang pada computer.perintah getmac

Perintah get mac hanya menujunkan mac address dan ip address saja, tidak ada keterangan lainnya yang terlihat.

  1. Melalui Network properties

Pada nework status di pojok kanan bawah terlihat koneksi LAN.Network adapter

Klik satu kali pada logo network dan pilih open network and sharing  center.

Pilih change adapter settingpilih adapter settings

Lanjutkan sesuai instruksi gambar berikut ini.

Pilih statuspilih detail dan cek physical address

  1. Gunakan perintah ARP –a dari komputer sebelah

Dari computer yang satu LAN dengan computer kita, kita bisa meminta mereka untuk mengecek berapa mac address kita.

Caranya adalah jalankan command prompt, ketik ping ip computer kita, setelah itu ketik arp –a. Akan terlihat IP computer kita beserta mac addres-nya.ARP

Demikian cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek mac address computer,dengan mengetahui mac address komputer-komputer yang terhubung dalam satu LAN maka admin jaringan dapat memberlakukan system pengamanan dan juga untuk kebutuhan perbaikan masalah jika terjadi problem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *