Apa Manfaat Belajar Fotografi

Saya pernah mendengar percakapan seorang ibu melalui hape-nya, dalam percapakan itu sang ibu meminta kepada lawan bicaranya untuk mencarikan sebuah kamera SLR untuk putrinya yang ingin belajar fotografi.

Ibu itu minta kalau bisa kameranya cukup bagus dari merk terkenal, layaknya seorang fotografer professional.

Dalam percakapan selanjutnya terdengar kata-kata ibu tersebut bahwa untuk saat ini beliau tidak punya uang sebesar itu untuk membeli sebuah kamera DSLR yang baru, ia pun meminta lawan bicaranya untuk membantu mencarikan kalau-kalau ada orang yang mau menyewakan kamera DSLR yang bagus untuk anaknya yang ingin belajar fotografi.

Dalam pikiran saya, dari pada membeli atau menyewakan sebuah kamera yang mahal lebih baik anaknya dibelikan saja laptop atau hape smartphone canggih.

Apa sih untung dan prospek ke depannya jika belajar fotografi?

Setelah mencari informasi ke sana ke mari, ternyata belajar fotografi itu banyak manfaatnya loh.. Tidak percaya? Coba baca tulisan ini sampai selesai.

       1.       Belajar fotografi membuat seseorang merasa lebih bahagia dari biasanya

Melakukan kegiatan fotografi bisa meningkatkan mut atau semangat kita lebih besar dari pada saat kita melakukan kegiatan seperti makan coklat, dengar music dan nonton tv.

Jika kegiatan lainya Cuma meningkatkan mut kita Cuma sekitar 1 persen maka belajar fotografi bisa membuat rasa bahagia kita meningkat sekitar 11 persen.

 Bagi orang yang memiliki hobi atau bakat fotografi, melakukan kegiatan fotografi dapat memuaskan perasaan dan mengurangi stress.

Fotografi menciptakan sebuah karya seni yang unik seperti melukis, menggambar atau karya seni lainnya.

       2.       Belajar fotografi akan membuka mata dan pikiran kita

Seorang fotografer biasanya melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang, ketika kita belajar fotografi maka kita akan melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain dari biasanya.

Dengan begitu maka akan membuat pikiran kita lebih terbuka akan sesuatu hal, pola pikir dan cara pandang akan berbeda dari biasanya.

Perubahan cara pandang dan pendekatan ala fotografi mungkin akan terus terbawa dalam kehidupan atau keseharian kita lainnya sehingga membuat kita berubah menjadi lebih baik.

       3.       Fotografi memungkinkan kita untuk bertemu dan berkenalan dengan banyak orang

Saat kita mulai belajar fotografi biasanya ada komunitas atau perkumpulan para fotografi pemula, dengan bergabung bersama mereka maka kemungkinan untuk mengenal dan menjalin pertemanan baru jadi lebih besar.

Mengambil foto anggota keluarga juga membuat kita lebih dekat dengan mereka, hubungan menjadi lebih akrab dari sebelum.

Saya pernah menjadi fotografer dadakan untuk acara memperingati hari kemerdekaan di RT, dengan modal kamera power shot, banyak anggota RT yang tidak saya kenal jadi kenal.

Ketika mengambil gambar mereka, mereka merasa dihargai, setelah acara selesai mereka menagih kapan bisa mendapatkan foto mereka.

Saya menunjukan beberapa hasil jepretan ke mereka dan dengan antusias mereka tidak percaya dengan hasil foto yang saya buat, penampilan mereka menjadi lebih baik. Fotografi bisa mengubah penampilan seseorang.

Tanpa sadar kami sudah melakukan perkenalan yang tidak sekedar basa-basi, tetapi benar-benar tulus, berkat fotografi.

       4.        Fotografi membantu melestarikan momen atau peristiwa spesial kita

Inilah manfaat yang paling sering kita rasakan, hasil jepretan kamera mengabadikan setiap momen penting kita dan keluarga untuk terus dan tetap dikenang sepanjang masa.

Belajar fotografi akan membantu kita untuk membuat foto kenangan yang lebih berkualitas, membantu kita mengambil gambar dengan sudut yang unik.

Semakin kita terlatih semakin beragam foto yang kita ambil baik moment atau sudut gambarnya.

Tanpa belajar dan berlatih fotografi maka kita tidak akan bisa mengembangkan kualitas foto kita menjadi lebih baik.

       5.       Fotografi membuka jalan untuk melakukan kegiatan yang menyehatkan

Dengan belajar fotografi kita akan terus mencari obyek untuk difoto. Pencarian objek akan membuat aktifitas fisik kita meningkat.

Mengunjungi tempat wisata, museum sampai mendaki gunung merupakan kegiatan yang pasti dilakukan seorang fotografer, hasilnya tentu menyehatkan.

       6.       Belajar Fotografi akan meningkatkan rasa percaya diri

Ketikan foto hasil jepretan kita mendapatkan pujian atau apresiasi positif maka hal tersebut akan membuat kepercayaan diri kita meningkat.

Tidak Cuma di bidang fotografi saja tapi di seluruh aspek kehidupan kita karena ada sesuatu yang bisa kita banggakan.

       7.       Belajar fotografi membuat kita mahir dan bisa menghasilkan uang

Sedikit keahlian fotografi bisa membuat kita mendapatkan penghasilan dari foto atau gambar karya kita.

Begini caranya jika teman atau saudara punya sesuatu barang yang mau dipasarkan maka kita bisa bantu dengan mengambil gambar yang berkualitas.

Dengan pengalaman kita selama belajar, bergaul dan bertukar pikiran dalam komunitas maka pastinya kita bisa membuat gambar yang cukup berkualitas untuk menarik orang untuk membeli barang yang ditawarkan dan kita akan mendapatkan komisi.

Atau kita bisa membuat blog atau website yang berisikan gambar hasil karya kita maka jika kualitasnya bagus dan unik maka kemungkinan besar orang akan tertarik untuk membeli gambar hasil karya kita.

Share
Latest Comments
  1. bagas October 13, 2016
    • Anto October 13, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share