Seputar Penggunaan Pointer Laser Yang Membahayakan

Suatu malam ketika lewat salah satu jalan utama di kota Bekasi tampak dari pinggir jalan terlihat cahaya setitik berwarna hijau, dari samping terlihat seperti garis hijau panjang tak berujung menjulang tinggi ke langit.Seputar Penggunaan Pointer Laser Yang Membahayakan

Rasa penasaran saya hilang ketika berhasil menemukan sumber cahaya itu, ternyata cahaya itu berasal dari satu sepeda motor yang parkir di tepi jalan, dekat sepeda motor itu terdapat sebuah meja kecil seperti lapak pedagang, di atasnya terdapat banyak batangan-batangan plastik kecil sama seperti penghasil atau sumber cahaya hijau tadi.

Oooooh Itu tadi sinar laser yaaa… Kata saya dalam hati..

Jaman semakin canggih, teknologi semakin murah, sebuah laser pointer bisa mudah didapatkan, harganya juga pasti murah.

Laser pointer adalah alat yang dipakai untuk menghasilkan sebuah titik sinar laser, biasanya dipakai untuk kebutuhan tertentu seperti untuk presentasi, ilmu pengetahuan, industri dan sebagainya.

Laser pointer yang dulunya tidak sembarangan dipakai kini siapa saja bisa menggunakan dan memakainya sesuka hatinya, laser pointer bahkan dibuat seperti mainan, suka-suka kemana dia mengarahkan.

Boro-boro pembelinya tahu, penjualnya pun sama sekali buta terhadap bahaya apa bisa terjadi jika titik sinar laser itu salah dipakai atau salah diarahkan, tidak ada panduan sama sekali terkait masalah keamanan dan safety dari laser pointer.

Dalam tulisan ini saya mencoba untuk memberikan informasi terkait bahaya yang dapat terjadi jika pemakaian laser pointer disalahgunakan.

Masalah terbesar yang terjadi akibat penyalahgunaan Pointer Laser.

Kalau di negara-negara maju seperti di Inggris, si penjual laser pointer pinggir jalan itu sudah pasti bisa ditangkap dan dibui.

Kenapa, karena ia mengarahkan sinar laser ke langit tempat lalu lalangnya pesawat. Inilah masalah terbesar yang paling membahayakan dari penggunaan laser pointer, mengarahkan sinar laser ke pesawat atau helicopter yang sedang mengudara.

Berita terkait pelanggaran seperti ini sudah sering kali terjadi bahkan pesawat yang ditumpangi Paus Frasiskus saat berkunjung ke Meksiko pun sempat dilaser dengan sinar hijau.

Seorang pria di Inggris dihukum penjara 20 minggu karena me-laser helicopter polisi yang lagi terbang dengan pulpen laser seharga 13 Dolar.

Selain itu sebuah penerbangan oleh maskapai Virgin Atlantic dari London ke New York terpaksa batal, pilot harus berbalik arah karena mengalami gangguan pada matanya akibat terkena sinar laser.
Jika sinar laser mengena mata pilot dapat menyebabkan gangguan pandangan dan membuat pilot menjadi buta sementara, inilah sumber malapetaka yang harus dihindari.

Masalah yang sama juga terjadi pada pengendara kendaraan bermotor, ketika mata terkena sinar laser maka akan terjadi buta sementara, situasi ini amat sangat berbahaya ketika supir atau pengendara kendaraan bermotor sedang melaju di jalanan, kecelakaan dapat terjadi dalam hitungan detik akibat pandangan mata yang terganggu.

Penyalahgunaan sinar laser pada kendaraan dan pesawat terbang di Amerika Serika terlapor sudah terjadi sebanyak 20 ribu kali sejak tahun 1981.

Apakah semua jenis Laser Pointer berbahaya kalau salah tembak?

Kekuatan sinal laser biasanya ditentukan dari daya yang digunakan, biasanya untuk pointer, daya yang dipakai kurang dari 5 miliwatt.

Cahaya sinar laser dari pointer berdaya kurang dari 5 mili ketika kena mata dapat menyebabkan mata berkedip, tindakan refleks menghindar, sampai kebutaan sementara.

Jika kita secara sengaja menatap sinar laser berdaya 1 miliwatt maka tanpa berkedip maka dapat menghasilkan sebuah titik pada retina. Mungkin ada yang berniat mentato retina mata biar keren kedengarannya, hahahahaha ……

Sinar laser berkekuatan 100 Miliwatt dapat menyebabkan cedera pada retina mata.

Semakin tinggi daya dari sinar laser maka dampak bahayanya jika terpapar semakin besar, laser berdaya 150mili membuat kita dapat merasakan sinar tersebut mengena kulit kita.

Dan laser dengan daya 500 miliwatt dapat membuat kulit kita terbakar.

Hal penting dari yang harus kita perhatikan dari efek daya laser pointer adalah saat membeli laser pointer cek pada spesifikasinya, berapa daya laser pointer tersebut.

Ada tiga jenis sinar laser: merah, biru dan hujau; Mana yang paling bagus?

Kalau anda bingung memilih jenis warna laser untuk pointer saat presentasi maka Laser warna hijau adalah yang paling terang dan jelas terlihat oleh mata.

Dengan power atau daya yang sama maka laser hijau akan tampak lebih terang daripada laser merah dan biru.

Sebagai catatan, warna laser bukanlah faktor yang menyebabkan cedera mata tetapi daya sinar laser yang menyebabkan tingkat bahaya sebuah sinar laser.

Demikian informasi terkait pointer sinar laser, gunakan untuk kebutuhan yang sesuai dan jangan asal dipakai sembarangan, kenali juga spek dari pointer yang anda gunakan, cek berapa daya yang dipakai.

Keselamatan ada di tangan anda, jangan salah gunakan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share