Seperti Apa Ciri-ciri Seorang Agen Pencari Kerja yang Tidak Profesional dan Tidak Perlu Diladeni

Saking banyaknya pencari kerja membuat para agen perekrut dan penyalur tenaga atau yang bisa dikenal dengan istilah head hunter, sering bertindak kasar dalam melontarkan kata-kata atau bertindak secara tidak professional.

Sebagai seorang pencari kerja, anda mesti tahu seperti apa ciri-ciri agen yang tidak professional tersebut, jangan sampai data anda jatuh ke tangan orang atau agen yang tidak jelas dan disalahgunakan.seperti-apa-ciri-ciri-seorang-agen-pencari-kerja-yang-tidak-profesional-dan-tidak-perlu-diladeni

Berikut adalah kata-kata yang kasar dan sikap tidak prosefional yang tidak seharusnya dilontarkan oleh seorang agen rekruitment:

1. Saya yang pertama dulu menanyakan kepada anda, dan kalau sudah saya selesai, baru giliran anda yang bertanya.

Jika seorang agen pencari dan perekrut tenaga kerja melontarkan pernyataan seperti itu maka jawaban yang mesti anda katakan kepadanya adalah:Terima kasih banyak, maaf saya tidak berminat.

Menawarkan sebuah pekerjaan itu seperti menawarkan sebuah produk, seorang pencari kerja harusnya mengetahui dengan pasti apa pekerjaan yang bakal mereka terima. Untuk itu mereka harus diberikan kesempatan untuk bertanya sedetail mungkin tentang pekerjaan yang ditawarkan.

2. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda, karena saya tidak tahu persis seperti apa pekerjaan yang sedang kita bicarakan. Kami punya banyak lowongan pekerjaan di kantor kami dan oleh karena itu saya perlu tahu seperti apa kualifikasi yang anda miliki sehingga kami bisa mencocokkan dengan beberapa pekerjaan yang tersedia.

Kalau ada orang yang menelpon dan berkata seperti ini maka orang itu bukan seorang agen perekrut, dia lebih seorang pengisi data yang bertugas untuk mencari tahu data diri anda, kemampuan dan pengalaman kerja anda untuk dimasukkan dan disimpan ke dalam data base mereka.

3. Saya harus tahu riwayat gaji anda sehingga saya dapat menempatkan anda pada pekerjaan yang sesuai

Ini jelas salah, tidak benar. Jika seorang perekrut ingin mencocokkan gaji yang anda inginkan dengan gaji dari pekerjaan yang ditawarkan maka seorang perekrut harus terlebih dahulu memberitahukan berapa gaji yang bakal diberikan dari lowongan perkerjaan tersebut.

Jangan biarkan perekrut mengetahui gaji terakhir anda, jika mereka tahu maka mereka akan dapat memanfaatkan informasi gaji tersebut untuk melakukan negosiasi yang bisa merugikan dengan menurunkan nilai gaji jadi lebih rendah dari yang sebenarnya ditawarkan.

4. Saya harus memiliki resume pekerjaan atau CV anda sebelum saya berbicara lebih lanjut tentang lowongan pekerjaan apa saja yang potensial bagi anda.

Yang seperti ini juga termasuk ciri-ciri agen perekrut yang tidak benar. Mereka tidak perlu memiliki resume anda sebelum berbicara tentang lowongan pekerjaan. Perekrut ingin resume Anda karena mereka dapat mengirimkannya ke klien dan calon klien lainnya.

Jika informasi tentang profil LinkedIn anda, rekomendasi dari teman-teman yang cukup bagus, kenapa mereka tidak langsung saja menempatkan anda sebagai calon teratas untuk direkomendasikan kepada perusahaan yang membutuhkan.

5. Jangan menelepon saya atau meng-email untuk meminta update perkembangan dari hasil interview perekrutan ini. Kalau nanti ada khabar dari klien, saya akan memberitahu kepada anda.

Seorang agen recruitment yang baik itu adalah yang dengan senang hati mengatakan bahwa jika ada khabar dari klien maka mereka pasti akan segera memberi khabar.

Jika seorang perekrut tidak secara aktif memberikan masukan atau feedback yang dapat membangun atau membantu kita mendapatkan pekerjaan maka mereka tidak pantas untuk mewakili kita kepada perusahaan pemberi kerja.

Segera hindari perusahaan perekrut yang tidak profesioanal dan jangan sampai agen mereka yang tidak prosesional itu malah akan memberikan image yang buruk tentang profil kita di mata perusahaan yang sedang mencari karyawan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share