Beda Antara RFID dan WiFi

Apa Itu RFID? RFID yangmerupakan kependekan dari Radio Frequency Indentification adalah sebuah peralatan yang terdiri atas sebuah chip kecil dan antenna untuk mengirimkan sinyal gelembang electromagnet kepada penerima yang terhubung dengan pusat data.

Beda RIFD dan WiFI

Dalam chip RFID tersimpan data atau informasi unik sebanyak kurang lebih 2000byte data, data-data unik yang tersimpan dalam RFID merupakan informasi tentang sebuah produk atau indentitas tanda pengenal dari barang atau orang yang menggunakan peralatan RFID.

Berikut adalah komponen system RFID dan hal-hal yang terkait dengan cara kerja RFID yang mesti diketahui:Diagram cara kerja RFID

  1. RFID Tag atau RFID label yang terpasang atau berada pada sisi benda atau object yang mau dikenali atau ditandai oleh system RFID.

RFID tag atau label dilengkapi oleh dua komponen yaitu chip atau microchip dan antenna. Microchip berfungsi untuk menyimpan dan mengolah data, antenna bertugas untuk mengirim dan menerima sinyal dari dan ke RFID label.

Tag atau label RFID ini berisikan informasi unik seperti serial number yang menandai obyek yang diwakilinya.

Contohnya seperti tanda pengenal atau name tag karyawan, kartu tiket kereta commuter line.

  1. Reader atau integrator.

Bagian ini dilengkapi dengan system pembaca yang bertugas untuk membaca data-data dari tag RFID melalui keneksi radion frequency, data tersebut kemudian diteruskan ke pusat data pada komputer atau server.

  1. Ada dua Jenis Tag atau label RFID yaitu yang dilengkapai dengan battery dan juga yang tidak dilengkapi battery.

Fungsi battery adalah untuk memberikan daya listrik kepada Tag RFID untuk mengrimkan sinyal gelembang elegtromagnet atau RF.

Sedangkan label RFID yang tidak dilengkapi battery atau dikenal sebagai passive RFID, sinyal gelombang RF dipancarkan oleh integrator yang kemudian sinyal tersebut diteruskan kembali oleh label RFID dengan berisikan informasi yang diperlukan.

Apa perbedaan dan persamaan mendasar antara RFID dan Wifi.

Persamaan antara RFID dan Wifi adalah keduanya menggunakan gelembang electromagnet atau RF sebagai media atau sarana untuk mengirimkan informasi.

Perbedaan antara RFID dan Wifi adalah sebagai berikut:

  1. Perangkat RFID peruntukan untuk system pendataan atau database sedangkan Wifi digunakan untuk kebutuhan komunikasi data antar komputer.
  2. Perangkat RFID tidak sebesar perangkat wifi.
  3. Pemograman pada system RFID tidak serumit dan sekompleks pada system Wifi.
  4. Wifi menggunakan frequency 2.4 GHz dan 5GHz, sedangkan RFID menggunakan frequency gelombang yang cukup beragam mulai dari 120–150 kHz, 13.56 MHz, 433 MHz, 865-868 MHz, 902-928 MHz, 2450-5800 MHz, 3.1–10 GHz.

Jadi, secara prinsip dasar RFID digunakan untuk mengenali dan mendata objek yang dipasangin RFID agar bisa bisa dimasukan ke dalam sistem database pada komputer server,

sedangkan,

Wifi System dipakai sebagai sarana atau media komunikasi yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, komputer dengan smartphone, komputer dengan printer dan komputer dengan peralatan lainnya yang menggunakan wifi sebagai sarana untuk berkomunikasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share