Cek Lebih Dalam Tentang Wifi AP Router Linksys EA9500

Linksys EA9500 merupakan wifi AP router yang dirancang untuk pemakaian di rumah atau kantor kecil yang tidak banyak user atau pengguna jaringan LAN-nya. Namun harga yang ditawarkan sebesar 5,8 juta terbilang mahal untuk pemakaian rumahan dan kantor kecil ( SOHO).

Di balik harga yang tinggi, pasti ada sesuatu yang melatarbelakangi alasan mahalnya perangkat AP router ini, dalam posting ini saya akan coba membuat berbagai macam review atau ulasan tentang Wifi AP Router Linksys EA9500.

1. Wifi AP Router Linksys EA9500 adalah perangkat Wifi Indoor bukan Outdoor

Yang dimaksud dengan perangkat wifi Indoor adalah perangkat wifi yang hardware fisiknya khusus dibuat untuk dipasang atau ditempatkan dalam ruangan.

Meskipun secara fisik perangkat indoor terpasang dalam ruangan yang terlindung dari panas dan hujan akan tetapi sinyal wifi yang terpancar dari perangkat itu tidak terbatas pada ruangan itu saja.

Perangkat Wifi Indoor dapat dipakai juga untuk melayani klien-klien di sekitarnya termasuk yang berada di luar ruangan.

Linksys EA9500 adalah perangkat indoor yang penempatannya hanya boleh ditaruh di dalam ruangan yang terlindung dari panas dan hujan, namun bisa dipakai untuk melayani klien yang terletak di outdoor atau yang berada di luar ruang sekitarnya.

2. Fungsi atau mode utama Wifi AP Router Linksys EA9500

Dalam speknya, Linksys EA9500 disebut bahwa Operation Mode dari wifi ini adalah Wireless Router dan Wifi Access Point atau Bridge.

Dari keterangan ini bisa kita simpulkan bahwa wifi router ini tidak bisa berfungsi sebagai Repeater, dan hanya bisa digunakan sebagai wireless Router dan juga Access Point saja.

3. Antenna

Wifi Linksys EA9500 memiliki fitur Multi User- Multi In Multi Out ( MU-MiMO) hal ini terlihat dari dukungan jumlah antenna terpasang yaitu sebanyak 8 buah.

Sayang di website resmi Linksys tidak disebutkan berapa daya penguatan pada masing-masing antenna yang terpasang, hanya disebutkan bahwa antenna terpasang bisa dicopot dan diganti dengan antenna eksternal lainnya.

4. Triband Wifi, AC5400 MU-MIMO Tri-band Gigabit, 1000+2166+2166 Mbps

Perangkat wifi biasanya terdiri atas 2 band atau dual band frekuensi saja tapi oleh Linksys perangkat ini diklaim memiliki tri-band.

Hal ini bisa diterjemahkan bahwa seolah-olah wifi ini memiliki 3 buah frequency operasional namun yang patut kita cermati bahwa frequency operasional Wifi itu cuma dua yaitu 5 GHz dan 2.4 GHz.

Ternyata Linksys EA9500 hanya terdiri atas dua band saja, klaim tri band rasanya membingungkan karena terdiri perangkat wifi ini hanya terdiri atas 1 Freq 2.4 GHz dan 2 Freq 5 GHz.

Kalau menurut saya Wifi ini secara fisik terlihat hanya satu perangkat tapi di bagian dalamnya seakan terdiri atas gabungan tiga wifi, satu Wifi AP router yang beroperasi pada Freq 2.4 dan 2 Wifi AP router yang bekerja pada Freq 5 GHz.

5. Multi User- Multi In Multi Out ( MU-MiMO)

Fitur ini sudah menjadi kewajiban bagi provider wifi access point router untuk dimasukkan dalam perangkat mereka, fitur ini mudah dikenali dengan jumlah antenna yang banyak pada perangkat.

Pada perangkat wifi Linksys EA9500 ini, fitur Mimo didukung dengan kehadiran 8 buah antenna, di mana setiap antenna dapat menerima dan memancarkan sinyal kepada 8 user atau klien yang berbeda secara bersamaan tanpa harus mengantri.

Artinya dengan adanya fitur MU-MIMO dengan 8 buah antenna maka ada jaminan dari Linksys bahwa 8 user sudah pasti akan secara bersamaan mengakses ke jaringan.

6. Frequency operasional

Wireless Fidelity atau Wifi hanya menggunakan dua jenis frequency saja yaitu freq 2.4 dan 5 GHz. Linksys EA9500 pun menggunakan dua frequency itu sekaligus.

Artinya perangkat Linksys EA9500 dapat dipakai untuk menghubungkan wifi klien yang menggunakan frequency 2.4 GHz dan juga 5 GHz.

Anda tidak perlu was-was jika membeli perangkat ini karena sudah support dua frequency sekaligus.

7. Standar IEEE 802.11 a b g n dan ac

Linksys EA9500 sudah support semua standar wifi 802.11 b/g, n, a, ac. Artinya apa? Artinya wifi ini dapat bekerja secara maksimal dengan standar tertinggi wifi yaitu IEEE 802.11 ac.

Semua perangkat wifi yang memenuhi standar IEEE 802.11 ac memiliki daya atau power transmit maksimun adalah 1,3 Gbps atau 1300 Mbps.

8. Bagaimana agar wifi klien dapat mencapai kecepatan maksimal

Linksys EA9500 atau pun perangkat wifi AP router lainnya harus beroperasi pada frequency 5GHz untuk memenuhi standar IEEE 802.11 ac karena syarat utamanya adalah menggunakan freq 5 GHz.

Kerena pada sisi Wifi AP router menggunakan freg 5 GHz maka di sisi klien pun harus menggunakan wifi klien adapter yang beroperasi dengan menggunakan freq 5 GHz, jika tidak maka pasti tidak akan terjadi koneksi antara keduanya dan tentunya kecepatan maksimun tidak dapat dicapai.

9. Bandwidth ril throughput atau kecepatan sebenarnya yang dicapai

Kecepatan transfer data yang berhasil diukur dengan menggunakan perangkat Linksys ini adalah 30,2 mega bytes per detik (MBps ) atau 241,6 Mega bit per detik ( mbps). Kecepatan ini dicapai dalam jarak antara 2 meter antara Wifi AP router Linksys EA9500 dengan kliennya.

Pada jarak jauh sekitar 13 meter dengan kondisi terhalang dua buah dinding tebal, kecepatan yang dicapai oleh Linksys EA9500 adalah sekitar 22,7 MBps atau 181,6 Mbit.

Kecepatan ini sudah melebihi kecepatan kabel data UTP yang cuma 100 mbps.

10. Pengaman WEP dan WPA2

Untuk pengaman jaringan rasanya tidak banyak perubahan dibandingkan dengan wifi router lainnya yaitu WEP 64/128 bit, WPA2 personal dan WPA2 Enterprise.

11. Bisa dijadikan file server tanpa kabel

Tersedianya dua port USB, 1 Port USB 3 dan dan 1 port USB 2 memungkinkan perangkat ini untuk dijadikan file sharing server. Colokan saja hardisk eksternal maka isi hardisk akan terbaca dan disharing secara wifi.

Dalam speknya disebutkan bahwa wifi Linksys EA9500 dapat mensupport beberapa file format media storage seperti NTFS, FAT, dan HSF+ atau dengan kata lain file format yang disupport adalah file format system operasi Windows dan Sistem Operasi iOs dari Apple Inc.

12. Berapa daya listrik yang diserap oleh Linksys EA9500 selama beroperasi

Terus terang, kalau dilihat dari spesifikasi perangkat ini terlihat daya listrik yang dipakai selama dalam keadaan on adalah 12 Volt X 5 ampere = 60 VA. Kurang lebih sekitar 50 watt.

Lumayan kalau dibiarkan On 24 jam sehari, daya listrik terpakai adalah 24 x 50 watt = 1200 watt hour atau 1,2 kilo watt hour ( KWH) / hari, atau 1,2 x 30 = 28,8 KWH /bulan.

Tinggal dikalikan dengan tarif dasar listrik (TDL) maka ketahuan biaya listrik yang mesti dibayar dari pemakaian Wifi ini.

Jika TDL-nya 1000 rupiah per KWH maka perbulan harus bayar 28 ribu rupiah perbulan dari pemakaian Wifi Access Point Linksys EA9500.

13. 8 port Ethernet LAN dan 1 Port Eternet ke WAN atau internet

Selain koneksi via wifi, Linksys EA9500 juga menyediakan koneksi kabel sebanyak 8 port LAN. Biasanya wifi AP router hanya menyediakan 4 buah port LAN Ethernet saja.

Satu port untuk koneksi ke internet atau WAN rasanya sudah cukup.

Kesimpulan

Secara harga memang cukup mahal untuk konsumen rumahan, tapi jika kebutuhan akan keceptan koneksi data yang besar maka perangkat ini sebaiknya perlu dipertimbangkan.

Jarak di atas 10 meter dengan kondisi non LoS kecepatan ril yang didapat mencapai 180 Mbps, sungguh luar biasa. Namun yang mesti diwaspadai adalah soal wifi klien. Pastikan wifi klien pun sudah menggunakan freq 5 GHz juga.

Semoga berguna

Sumber: Linksys.com dan www.trustedreviews.com

Share
Latest Comments
  1. Ratna Utami Handini December 28, 2016
    • Anto December 29, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share